4 Cara Cerdas Mengelola Finansial dan Membuat Uangmu Tumbuh

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 12:25 WIB
ilustrasi investasi
Foto: iStock
Jakarta -

Keinginan untuk memiliki uang yang terus bertumbuh adalah harapan dari semua orang, dan pastinya kamu juga kan. Tetapi untuk mencapai hal-hal ini, kamu perlu tahu bagaimana membuat uang tersebut bisa bekerja dan bertumbuh dengan sendirinya.

Untuk mencapai mandiri secara finansial dan mendapatkan kekayaan dari investasi, kamu harus lebih dulu mempelajari dan mengetahui alur masuk dan keluar uangmu. Dilansir dari thebalance, ada empat tahap untuk membuat uang semakin tumbuh.

Membuat Anggaran

Membuat anggaran adalah tahap paling penting dalam mengelola finansial. Dari anggaran yang dibuat, kamu bisa mengetahui dari mana uangmu dan akan digunakan untuk apa saja kedepannya.

Tujuan penting dari membuat anggaran adalah menekan penggunaan uang untuk kebutuhan apapun dari uang yang diperoleh, baik dari gaji maupun penghasilan. Sebagai catatan, pembuatan anggaran tidak dilakukan hanya sekali, tetapi kamu harus aktif, baik setiap hari hingga setiap bulan untuk menyesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaran.

Melunasi Utang

Melunasi utang adalah langkah kedua yang wajib dilakukan untuk mengelola finansial dan membuat uang tumbuh. Sebab uangmu akan sulit tumbuh jika kamu masih memiliki utang.

Alasannya, jumlah uang yang kamu bayar untuk melunasi utangmu akan lebih banyak dari yang kamu pinjam. Hal itu dikarenakan adanya tambahan bunga utang dari cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Jika kamu tidak punya utang, kamu bisa mengalokasikan uang cicilan bayar utang, termasuk bunganya, untuk hal yang lebih penting. Oleh karena itu lunasi terlebih dahulu utangmu untuk menuju tahap cerdas membuat uang tumbuh selanjutnya.

Siapkan Dana Darurat

Mengalokasikan sedikit penghasilan untuk dana darurat menjadi hal wajib untuk kamu yang ingin mandiri finansial, bahkan sekalipun kamu masih punya hutang. Sebab dana darurat digunakan untuk menghadapi berbagai kebutuhan tidak terduga di masa yang akan datang.

Misalnya tiba-tiba kamu dikenai PHK atau kendaraan kamu tiba-tiba rusak dan membutuhkan biaya yang besar. Kamu bisa menggunakan dana darurat yang sudah dipersiapkan untuk mengatasi hal tersebut, alih-alih mengotak-atik anggaran lain atau menambah hutang.

Menabung dan Investasi

Menabung dan investasi adalah tahap akhir dari perencanaan finansial agar uang kamu bisa tumbuh. Sebelum menabung dan berinvestasi, kamu bisa mempertimbangkan berbagai hal yang menjadi kebutuhan jangka panjang.

Mulai dari biaya rumah, tabungan dana pensiun, asuransi kesehatan, modal untuk memulai bisnis, dan lain sebagainya. Selanjutnya kamu bisa menaruh uangmu dalam tabungan yang bunganya bisa membuat uangmu bertambah, seperti dalam giro hingga deposito.


Kamu juga bisa memulai berinvestasi dalam berbagai instrumen, mulai dari emas, reksa dana, saham, dan sebagainya. Sebagai catatan, investasi merupakan pengelolaan finansial jangka panjang yang untungnya tidak bisa kamu rasakan dalam jangka waktu dekat, tetapi pada satu sisi uangmu akan terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Untuk investasi, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform digital yang kini membuat #BebasGaptek. Salah satunya melalui Dompet Digital DANA dengan fiturnya DANA eMAS. Membeli emas melalui DANA bisa dimulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10.000 secara langsung tanpa ada biaya tambahan. Pembelian emas lewat DANA juga bisa ditarik secara fisik lalu dikirimkan ke rumah kamu lho!

DANA Bebas GaptekDANA Bebas Gaptek Foto: Dok. DANA

Selain untuk investasi, DANA membantu men-digitalisasi transaksi keuangan termasuk pembayaran, menabung, hingga bisnis. Yang lebih canggihnya lagi, kamu bisa gabungin pembayaran menggunakan Saldo DANA atau Kartu Bank yang tersimpan di DANA. Jadi kalo uangmu kurang pas mau bayar, kamu gak perlu pinjam sana sini dulu. Gak lagi ada utang & uang pun bisa mudah tumbuh.

Nah, supaya disiplin pengeluaran dan perencanaan, kamu juga bisa memanfaatkan dompet digital DANA. Sebab pengeluaranmu akan tercatat otomatis dan rapi serta dapat selalu dicek melalui riwayat di aplikasi. DANA juga memiliki fitur DANA Goals yang dapat membantu merealisasikan disiplin perencanaan terkait target finansial yang ingin dicapai.

Berbagai fitur tersebut dapat membantu pengelolaan finansialmu sehingga #BebasDrama dan target-target yang kamu harapkan dapat tercapai.

Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(akd/ara)