Biar Mapan di Umur 30-an, Apa Sih yang Perlu Disiapkan?

Nurcholis Maarif - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 19:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi/Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Usia 30 tahun sering kali dianggap salah satu fase yang sakral dalam kehidupan seseorang. Di umur 30-an akan dilihat sejauh mana pencapaian yang telah didapat, baik dalam karier pekerjaan, matang secara finansial, hubungan cinta dan keluarga, hingga arah kehidupan ke depannya.

Tak jarang, orang menargetkan sudah harus hidup mapan saat memasuki usia kepala tiga tersebut. Dilansir dari DANA, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan untuk bisa hidup mapan saat memasuki tiga dekade kehidupan.

1. Mencicil Rumah

Rumah merupakan kebutuhan utama setiap manusia setelah sandang dan pangan. Makanya jika ingin hidup mapan, rumah bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Hal itu bisa dipersiapkan salah satunya dengan program cicilan yang banyak ditawarkan oleh developer maupun perbankan. Perlu diingat, saat sudah mulai kerja usai lulus sekolah dan kuliah, jangan terlena dengan membeli kebutuhan sekunder apalagi tersier.

2. Karier

Karier adalah bagian terpenting untuk persiapan hidup mapan di usia 30-an. Kamu yang masih di bawah usia ini, barangkali bisa mengevaluasi sejauh mana karier pekerjaanmu sejak awal bekerja dan bagaimana prospek ke depannya, baik dari pengembangan individu hingga kenaikan gaji dan pangkat.

Sebab selagi masih ada di usia produktif, kamu bisa berhenti jika tempat kerjamu saat ini tidak membuatmu berkembang. Untuk itu, jangan merasa cukup di zona nyaman dan takut dalam mencoba yang baru, termasuk dalam meraih karier.

3. Investasi dan Passive Income

Penghasilan dan gaji adalah dua hal yang berbeda. Triknya, kamu bisa menambah penghasilan di samping gaji yang sudah pasti diterima jika kamu seorang pekerja. Makanya, merintis bisnis sebelum usia 30-an bisa menjadi solusi yang harus kamu lakukan.

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai instrumen investasi sebagai jaminan hidup mapan saat usia 30. Mulai dari deposito, emas, hingga saham.

Selain itu, supaya disiplin pengeluaran dan perencanaan, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA. Sebab pengeluaranmu akan tercatat otomatis dan rapi serta dapat selalu dicek melalui riwayat di aplikasi.

DANA juga memiliki fitur DANA Goals yang dapat membantu merealisasikan disiplin perencanaan terkait target finansial yang ingin dicapai. Kamu juga bisa memanfaatkan DANA eMAS untuk investasi emas secara digital.

DANAFoto: Dok. DANA

Lalu ada juga berbagai promo yang bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir pengeluaran bulananmu. Tak perlu cemas, transaksi menggunakan DANA sudah terjamin aman karena sudah tersertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

Mulai sekarang biar bisa mapan dan bebas bokek, coba Kirim Uang pakai DANA yang gratis biaya admin. Atau coba bisnis online dengan DANA Bisnis sehingga kamu bisa berbisnis dengan bebas gaptek.

Berbagai fitur tersebut dapat membantu pengelolaan finansialmu sehingga #BebasDrama dan target-target yang kamu harapkan dapat tercapai. Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(akd/hns)