Tips Persiapkan Biaya Sekolah Anak dari SD hingga Kuliah

Nurcholis Maarif - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 08:15 WIB
Ilustrasi Biaya Pendidikan
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Biaya pendidikan anak harus disiapkan sejak dini, bahkan mungkin ketika baru lahir. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan baik SD, SMP, SMA hingga kuliah setiap tahunnya.

Pada sisi lain, setiap orang tua pasti ingin memberikan masa depan yang cerah untuk anak-anaknya, salah satunya melalui pendidikan. Dilansir dari berbagai sebagai sumber, biaya pendidikan itu harus dipersiapkan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini penjelasannya.

Jangka Pendek

Pola manajemen persiapan biaya pendidikan anak untuk jangka pendek akan berbeda dengan yang jangka panjang. Misalnya anak sudah masuk sekolah SD atau SMP dalam waktu dua tahun ke depan.

Orang tua bisa mempersiapkannya dengan menabung dalam bentuk tabungan, deposito, atau emas. Sebab ketiga instrumen tabungan itu memiliki risiko rendah dan mudah dicairkan dalam waktu yang cepat.

Jangka Panjang

Persiapan masuk SMA dan terutama kuliah biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Sehingga hal itu perlu dipersiapkan dalam jangka panjang.

Orang tua bisa memilih ketiga instrumen tabungan dalam jangka pendek, tetapi juga bisa memanfaatkan instrumen investasi yang bersifat jangka panjang dan memberikan imbalan yang lebih besar. Misalnya investasi di pasar modal seperti membeli saham atau reksa dana berbasis saham.

Alasan berinvestasi di instrumen yang memberi imbalan lebih besar ini karena untuk mengantisipasi biaya kuliah yang selalu naik setiap tahun. Namun sebagai catatan, orang tua juga perlu memahami instrumen investasi yang dipilih tersebut beserta risikonya.

Instrumen investasi itu juga bisa ditambah dengan mengikuti asuransi pendidikan anak. Asuransi ini hanya sekedar investasi cadangan jika sang orang tua tertimpa musibah sehingga tidak bisa lagi mencari nafkah.

Untuk mengatur semua perencanaan keuangan, dompet digital DANA yang memiliki fitur DANA Goals juga bisa digunakan. Dengan DANA Goals, para orang tua bisa membuat target finansial mereka, lalu menyisihkan setiap pemasukan ke fitur tersebut demi mencapai target itu.

Jika semuanya sudah dipersiapkan, jangan lupa untuk membayar dengan cara yang praktis & mudah. Dompet digital DANA juga bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikan anak, mulai dari SD sampai kuliah.

DANADANA Foto: DANA

Saat ini, DANA juga memberi promo cashback bayar pendidikan hingga Rp25 ribu. Dengan DANA, iuran pendidikan bisa terpenuhi & bayarnya pun jadi praktis & hemat.

Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)