3 Langkah Disiplin Kelola Keuangan agar Merdeka Finansial

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 25 Agu 2021 20:12 WIB
Finansial planning
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pengelolaan finansial yang tidak baik bisa berdampak buruk terhadap keuangan seseorang. Meski penghasilannya cukup besar, seseorang akan merasa seperti tidak punya apa-apa, baik tabungan hingga aset, jika keuangannya tidak dikelola dengan baik.

Sebaliknya, penghasilan terbatas yang didapat seseorang bisa menjadi berharga saat dikelola dengan baik. Atas dasar itu, seseorang harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Dilansir dari situs DANA, seorang Senior Finance Manager, Yudha mengungkap tiga tips sekaligus rahasia disiplin pengelolaan keuangan agar seseorang tak jatuh miskin.

1. Disiplin Pengeluaran

Berapa pun penghasilanmu, ternyata salah satu hal yang penting dalam mengatur keuangan adalah mencatat pengeluaran. Kenapa? Sering kali kita merasa sudah cukup hemat, tapi tiba-tiba kaget melihat saldo yang tiba-tiba mengering.

Makanya penting untuk mencatat setiap pengeluaran satu per satu, supaya kita nggak jadi boros atau overspend dan lebih mudah untuk mengendalikan keuangan kita. Untuk bisa rutin dan otomatis melakukan pencatatan ini, disiplin dan komitmen diperlukan banget.

2. Disiplin Perencanaan

Untuk bisa mencapai target dan goal yang ingin dicapai, penting untuk membuat perencanaan nominal yang spesifik setiap bulannya dan disiplin untuk mencapai angka tersebut. Dengan begitu, metode menabung akan semakin jelas dan lebih ringan dijalankan.

3. Disiplin Realisasi

Inilah langkah yang terpenting setelah mencatat pengeluaran dan perencanaan, yaitu disiplin dalam menjalankan rencana finansial secara teratur. Sebagai manusia, memang wajar untuk BM alias ingin beli ini itu, procrastinate alias menunda hal yang penting, bahkan memaklumi kesalahan kita sendiri. Namun, jangan sampai kesenangan sesaat menghambat rencana finansial yang sudah dibikin secara saksama.

Supaya disiplin pengeluaran dan perencanaan, kamu bisa memanfaatkan dompet digital DANA. Sebab pengeluaranmu akan tercatat otomatis dan rapi serta dapat selalu dicek melalui riwayat di aplikasi. Selain itu, DANA juga memiliki fitur DANA Goals yang dapat membantu merealisasikan disiplin perencanaan terkait target finansial yang ingin dicapai. Kamu juga bisa memanfaatkan DANA eMAS untuk investasi emas secara digital.

Tak hanya atur & perencanaan keuangan DANA bisa juga kamu pakai untuk transaksi sehari-hari mulai dari pembayaran di merchant - merchant offline atau pun online, bayar tagihan, beli pulsa hingga voucher game favoritmu.

DANA Bebas Gaptek Foto: Dok. DANA

Transaksinya simpel kamu bisa memilih menggunakan Saldo DANA yang bisa di top up dengan mudah atau bisa langsung transaksi menggunakan kartu bank yang sudah kamu simpan di DANA. DANA juga memiliki fitur SmartPay yang memungkinkan pengguna untuk membayar dengan menggabungkan Saldo DANA & Kartu Bank yang sudah disimpan di DANA jika saldo kurang.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, kamu bisa #BebasDrama dalam urusan keuangan dan bebas gaptek karena semua transaksi keuangan cukup mudah dilakukan hanya dengan satu aplikasi, DANA.

(akn/hns)