5 Cara Trading Bitcoin untuk Pemula agar Cuan Maksimal

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 13:49 WIB
Ilustrasi investasi
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di dunia digital, investasi Bitcoin yang sedang naik daun mungkin bisa menjadi pilihan. Hanya dalam waktu singkat, tren Bitcoin telah menarik banyak orang baik di luar negeri maupun di Indonesia.

Sayangnya masih banyak pemula yang bingung untuk mulai trading Bitcoin. Ini dia cara aman mendapatkan cuan dari Bitcoin, meski Anda masih awam dalam dunia trading seperti dikutip dari The Times.

1. Pahami Risiko

Sebelum memutuskan berinvestasi baik dalam Bitcoin maupun mata uang kripto lainnya, penting untuk mempelajari dan memahami risiko masing-masing. Bagi pemula, aset Bitcoin dinilai lebih pas karena memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan lebih mapan.

Walau terbilang fluktuatif namun kerangka peraturannya lebih jelas dibandingkan aset uang digital lainnya. Hal ini tentu membantu meminimalisir risiko di masa depan. Terlebih, Bitcoin merupakan aset kripto paling likuid, jadi mudah untuk diperjual-belikan. Meski begitu, Anda tetap harus mengatur batas, jangan sampai nilai investasi lebih besar dari kemampuan Anda.

2. Jangan Beli Hanya Saat Harga Turun

Banyak yang beranggapan untuk sukses trading Bitcoin Anda harus menerapkan prinsip buy low dan sell high. Hal ini supaya Anda bisa untung alias bisa meraup banyak cuan. Padahal tidak selalu seperti itu.

Ada kalanya harga Bitcoin yang turun karena alasan tertentu yang berkaitan dengan kondisi pasar. Agar cuan, Anda bisa memulai trading Bitcoin dengan nominal kecil. Kemudian tingkatkan nominal uang yang diperdagangkan secara bertahap saat profit sudah meningkat.

3. Lihat Prospek Jangka Panjang

Buat Anda yang masih pemula, sebaiknya jangan dulu trading Bitcoin harian. Mengingat sifat Bitcoin yang mudah berubah, sehingga harganya bisa naik dan turun drastis dalam beberapa hari.

Tentu melihat kondisi ini, trader pemula seringkali terjebak dalam kasus 'panic buying' dan 'panic selling'. Apalagi jika harga Bitcoin turun secara tiba-tiba. Untuk itu sebagai permulaan Anda bisa mencoba investasi Bitcoin untuk jangka panjang.

4. Aktifkan Fitur Beli Otomatis

Bagi pemula mungkin akan kesulitan membaca pergerakan pasar. Termasuk juga Anda yang mungkin tak tahu ke arah mana Bitcoin akan bergerak dan bingung menentukan entry level. Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sebab beberapa platform exchange menyediakan fitur beli berulang secara otomatis.

Sebut saja Luno Indonesia yang kini mempermudah Anda dalam mengatur pembelian bitcoin secara otomatis hanya dengan mengaktifkan fitur Repeat Buy. Dengan fitur ini Anda bisa mendapatkan jumlah lebih banyak saat nilai Bitcoin berkurang sehingga bisa meraih untung lebih banyak.

5. Manajemen Risiko dengan Diversifikasi Aset Kripto

Bicara soal investasi pasti Anda pernah mendengar istilah jangan menaruh telur dalam keranjang yang sama. Hal ini berlaku juga untuk aset cryptocurrency. Alih-alih menaruh semua uang dalam 1 aset, sebaiknya lakukan diversifikasi portfolio.

Diversifikasi portofolio artinya Anda memasukkan uang ke aset kripto berbeda, tidak hanya Bitcoin. Tak hanya berpotensi mendatangkan untung maksimal, strategi ini dinilai bisa mengurangi risiko sehingga Anda memiliki cadangan jika ada satu aset yang performanya turun.

Selain cara di atas, penting juga Anda memilih platform jual-beli cryptocurrency yang aman. Seperti halnya Luno Indonesia, platform beli, jual, simpan, dan trading yang menyediakan berbagai aset uang digital, mulai dari Bitcoin, Ethereum, Ripple, hingga lainnya.

Trading Bitcoin di Luno Indonesia dijamin aman karena memiliki otentikasi dua faktor untuk memberikan ekstra proteksi ke akun Anda. Selain itu password juga disimpan dalam bentuk hash, jadi tidak ada siapapun selain Anda sendiri yang memiliki akses ke password Anda.

Luno Indonesia juga memiliki fitur Dompet sehingga transaksi jual-beli kripto dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Berinvestasi Bitcoin di Luno Indonesia juga nggak perlu modal besar karena Bitcoin bisa dibeli mulai dari Rp 25 ribu saja. Tersedia juga beragam pilihan pembayaran untuk mempermudah Anda dalam melakukan deposit maupun penarikan dengan cepat.

(akn/hns)