Pemerintah Janji Sapu Habis Pinjol Ilegal, Caranya?

ADVERTISEMENT

Pemerintah Janji Sapu Habis Pinjol Ilegal, Caranya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 15 Okt 2021 17:12 WIB
Pinjam Online Abal-abal
Foto: Pinjam Online Abal-abal (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menyatakan akan mengambil langkah tegas untuk membabat pinjaman (pinjol) ilegal. Pemerintah menyatakan tak akan kompromi terhadap praktik tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pihaknya akan membersihkan ruang digital dari praktik pinjol ilegal.

"Kami akan mengambil langkah-langkah tegas dan tanpa kompromi untuk membersihkan ruang digital dari praktik-praktik pinjaman online ilegal atau pinjaman online tidak terdaftar yang dampaknya begitu serius seperti tadi disampaikan oleh Bapak Ketua OJK," katanya di Kompleks Istana, Jumat (15/10/2021).

Dia melanjutkan, kepolisian akan mengambil langkah tegas di lapangan dengan melakukan penahanan dan proses hukum. Sebab, keberadaan pinjol ilegal merugikan masyarakat.

"Kapolri, Kepolisian Republik Indonesia akan mengambil langkah-langkah tegas di lapangan. Penahanan, penindakan dan proses hukum yang tegas terhadap semua tindak pidana pinjaman, karena yang berdampak adalah masyarakat kecil khususnya masyarakat dari sektor ultramikro dan UMKM. Kami tidak akan membuka ruang dan kompromi untuk itu," paparnya.

Tambahnya, Kominfo sendiri telah membentuk forum ekonomi digital yang melakukan pertemuan secara rutin. Lewat forum sejumlah hal akan dibahas, dari pengembangan dan peningkatan sektor digital digital hingga antisipasi pinjol ilegal.

"Kominfo sendiri telah membentuk forum ekonomi digital Kominfo yang secara berkala setiap bulan melakukan pertemuan-pertemuan untuk membicarakan pengembangan, peningkatan dan pemutakhiran ruang-ruang digital dan transaksi-transaksi ekonomi digital termasuk membicarakan terkait dengan pinjaman online dan penangkalan pinjaman online tidak terdaftar atau ilegal," terangnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT