Fenomena ATM Bitcoin Muncul di AS, Bakal Sampai RI?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 06:00 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Aset kripto mengalami perkembangan yang sangat cepat, salah satunya pada Bitcoin. Di Amerika Serikat (AS), bahkan telah hadir ATM Bitcoin.

ATM Bitcoin ini salah satunya tersedia di jaringan ritel raksasa Walmart. Pelanggan Walmart bisa membeli Bitcoin di mesin Coinstar yang ada di toko tersebut.

Dikutip dari Coindesk, Jumat (22/10/2021), Coindesk telah mengecek keberadaan layanan tersebut berfungsi dengan membeli sedikit Bitcoin di Walmart Pennsylvania pada 12 Oktober lalu.

"Coinstar, dalam kemitraan dengan Coinme, telah meluncurkan uji coba yang memungkinkan pelanggannya menggunakan uang tunai untuk membeli Bitcoin," kata Direktur Komunikasi Walmart Molly Blakeman.

"Ada 200 kios Coinstar yang terletak di dalam toko Walmart di seluruh Amerika Serikat yang merupakan bagian dari percontohan ini," sambungnya.

Coinstar dikenal karena memungkinkan konsumen menukar koin dengan uang kertas atau kartu hadiah. Sementara, kemampuan untuk membeli Bitcoin diaktifkan oleh Coinme, dompet kripto dan perusahaan pembayaran yang memiliki spesialisasi di bidang ATM Bitcoin.

Ada sejumlah tahapan untuk menggunakan mesin ini. Setelah memasukkan tagihan ke dalam mesin, voucher kertas dikeluarkan. Tahap selanjutnya, pengaturan akun Coinme dan melewati verifikasi know your customer (KYC) sebelum voucher dapat ditukarkan.

Mesin membebankan biaya 4% untuk opsi Bitcoin, ditambah biaya pertukaran tunai 7% lainnya, menurut situs web Coinstar dan diverifikasi oleh CoinDesk.

CoinDesk berhati-hati menguji layanan tersebut. Sebab, kabar bohong atau hoaks beredar bulan lalu yang menyebut litecoin akan diterima sebagai pembayaran di toko Walmart.

Ada wacana ATM Bitcoin di Bali. Cek halaman berikutnya.



Simak Video "El Salvador Negara Pertama yang Jadikan Bitcoin Alat Pembayaran Sah"
[Gambas:Video 20detik]