Akses Layanan Kredit Mudah, GoPayLater Jadi Pilihan Konsumen

Eqqi Syahputra - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 18:00 WIB
GoPayLater Menawarkan Kemudahan bagi Konsumen
Foto: Dok. GoPay
Jakarta -

Teknologi digital saat ini mampu menjangkau kelompok yang sebelumnya tidak terjangkau hingga mampu menumbuhkan keyakinan masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Hal ini tentunya akan menghasilkan makin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan layanan keuangan formal.

Seiring dengan berkembangnya adopsi pembayaran digital lewat teknologi, di Indonesia, pasar BNPL (buy now pay later) diprediksi berkembang hingga 72,8% di penghujung 2021. BNPL sendiri hadir untuk mengisi peluang kredit yang rendah. Pada tahun 2020, tercatat penetrasi kartu kredit di Indonesia baru sekitar 6%. Ini peluang besar bagi industri BNPL untuk menyediakan akses bagi lebih banyak konsumen untuk menikmati layanan kredit mikro di Indonesia.

Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) Alfin Primaldhi menjelaskan layanan keuangan digital lewat BNPL dapat menjadi perkenalan pertama yang akan memicu inklusi keuangan kedepannya.

"Penetrasi kartu kredit yang masih rendah di Indonesia memberikan peluang yang besar bagi layanan buy now pay later atau beli sekarang bayar nanti. Layanan BNPL memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan akses layanan keuangan berupa kredit mikro yang dapat digunakan untuk menunjang produktivitas," kata Alfin dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Lebih lanjut, berdasarkan riset LDUI 2021, diketahui dibandingkan layanan serupa, banyak konsumen lebih memilih GoPayLater karena lebih mudah (72%) dan transparan (56%). GoPayLater adalah layanan BNPL dari Gojek yang bekerja sama dengan Findaya. Selain itu, riset juga menunjukkan 4 dari 5 pengguna GoPayLater tidak memiliki akses ke kartu kredit. Sehingga, GoPayLater jadi solusi pascabayar yang mudah diakses oleh konsumen.

Head of Go To Market GoPayLater Neni Veronica menuturkan bahwa GoPayLater menjadi layanan keuangan andalan masyarakat dalam memberikan solusi pengaturan keuangan yang efektif. Apalagi dengan fitur Pick Your Limit, dimana pengguna dapat mengatur limit sesuai kebutuhan dan kemampuan setiap bulannya agar pengguna memiliki kontrol terhadap keuangan.

"Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk menjadikan GoPayLater sebagai teman terpercaya masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam mengatur keuangan," jelas Neni.

Neni menjelaskan sejak awal GoPayLater menekankan transparansi, dimana GoPayLater tidak memakai sistem bunga atau biaya-biaya tersembunyi lainnya. GoPayLater menggunakan biaya berlangganan tetap setiap bulan, sehingga pengguna cukup membayar sesuai dengan tagihan dan biaya langganan. Jika pengguna tidak menggunakan layanan GoPayLater pada bulan tersebut, pengguna tidak perlu membayar apapun.

Pihaknya mencatat nilai transaksi GoPayLater selama 2020 meningkat sampai dengan 3.3 kali lipat didominasi dari pembayaran makanan dan tagihan. Saat ini GoPayLater dapat digunakan sebagai metode pembayaran akhir bulan untuk berbagai kebutuhan di Gojek, Tokopedia, dan berbagai mitra GoPay lainnya.

(akd/ega)