Year In Review 2021

Jadi Tren Selama Pandemi, Ini Cara Investasi di Ajaib

Nada Zeitalini Arani - detikFinance
Rabu, 29 Des 2021 10:25 WIB
Ajaib
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Investasi menjadi salah satu tren di masa pandemi COVID-19. Hal itu dikarenakan pandemi membuat situasi yang tidak menentu setiap harinya. Masyarakat termasuk generasi milenial sudah mulai menyadari pentingnya investasi.

Terlebih saat ini sudah banyak penyedia aplikasi investasi secara online, sehingga orang-orang merasa terfasilitasi untuk bisa berinvestasi di manapun dan kapanpun.

Pengamat Sosial, Devi rahmawati menjelaskan bahwa pandemi juga membuat masyarakat mendadak digital, salah satunya masalah keuangan. Ia pun menjelaskan hal ini tentu menjadi berkah dan prestasi bagi bangsa.

"Ada pergeseran gaya hidup, dari yang dulunya sebelum pandemi hobinya adalah rekreasi sekarang jadi investasi," katanya, Rabu (29/12/2021).

Adapun tren investasi di masa pandemi ini didorong oleh anak muda. Berdasarkan data menunjukkan peningkatan sebanyak 2,3 juta orang menjadi 6,1 juta orang yang berinvestasi sekarang. Didukung juga dengan dengan data ekonomi digital yang melonjak menjadi US$ 70 miliar.

Meski investasi sedang menjadi tren di masa pandemi, investor terutama bagi pemula perlu lebih cermat memilih platform aplikasi yang tidak hanya mudah tetapi juga aman. Salah satu aplikasi investasi digital di Indonesia adalah Ajaib. Perusahaan financial technology (fintech) investasi tersebut juga telah sukses menjadi startup unicorn ke-7 di Indonesia. Ajaib menyediakan fitur investasi jual/beli saham dan reksa dana.

Lantas bagaimana sih cara berinvestasi di aplikasi Ajaib? Sebelum melakukan investasi jual/beli saham dan reksa dana di aplikasi Ajaib tentunya kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian kamu akan diminta melakukan registrasi dengan mengisi data-data pribadi dan data profil wajib yang diminta oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi bisa mulai kamu gunakan setelah registrasi selesai.

Nah, Inilah cara investasi (jual/beli) saham dan reksa dana di Aplikasi Ajaib:

1. Cara Investasi Reksa Dana di Aplikasi Ajaib

  • Masuk ke akun Ajaib milikmu yang sudah terdaftar, lanjut ke menu Beranda dan pilihlah produk reksa dana seperti syariah, risiko rendah, terpopuler, dan reksa dana lainnya.
  • Pilihlah dan klik produk salah satu reksa dana yang kamu inginkan kemudian kamu bisa melihat performa, keterangan, hingga mengetahui potensi tingkat return reksa dana tersebut dalam satu tahun.
  • Jika kamu ingin membeli produk reksa dana tersebut, kamu bisa klik menu Investasi Sekarang dengan memasukkan jumlah nominal dana yang ingin disetorkan, kemudian klik Setor.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk memilih metode pembayaran yang ingin digunakan, seperti transfer manual BCA atau melalui OVO.
  • Kalau kamu memilih menggunakan metode pembayaran transfer manual BCA, kamu akan diberikan nomor rekening bank yang ingin ditransfer beserta nominalnya.
  • Setelah selesai melakukan pembayarannya, jangan lupa untuk foto atau screenshot bukti transfer tersebut, untuk konfirmasi setoran kamu bisa ke menu Transaksi di aplikasi Ajaib untuk mengunggah bukti transfer mu tersebut yang bisa kamu ambil dari galeri ponsel pintar milikmu. Lalu klik Konfirmasi.
  • Produk reksa dana yang kamu beli tersebut bisa kamu pantau melalui menu Invest.

2. Cara Investasi Saham di Aplikasi Ajaib

  • Sebelum membeli saham di aplikasi Ajaib pastikan kamu sudah memiliki saldo RDN, jika belum maka lakukan top-up terlebih dahulu.
  • Kemudian pilihlah salah satu saham yang ingin kamu beli, tekan dan geser ke kanan pada nama saham tersebut lalu klik 'beli'.
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman Order Book. Klik pada harga yang sesuai, dan masukkan jumlah lot saham yang ingin kamu beli. Pilih 'Beli' yang ada di sebelah kanan bawah halaman Order Book.
  • Akan muncul halaman konfirmasi order, lalu pilih 'Beli'.
AjaibFoto: Ajaib

Nah, itulah langkah-langkah mudah dalam aplikasi Ajaib dalam melakukan investasi reksa dana. Tidak hanya memberikan kemudahan melalui fitur-fitur yang tersedia di pada Aplikasinya. Ajaib juga memberikan keamanan investasi kepada investornya dengan telah tercatat di OJK.

Sebagai salah satu startup fintech investasi saham dan reksadana, Ajaib juga memberikan kemudahan limit investasi. Para investor muda dan pemula bisa mulai berinvestasi dari Rp 1 saja. Kemudahan investasi juga dimiliki pada aplikasi dan fitur lengkap yang bisa digunakan kapanpun serta dimanapun. Masih belum berani investasi? Yuk tunggu apa lagi, investasi sekarang di Ajaib.



Simak Video "Year in Review 2021: Cutting Edge Technology"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)