Inilah 8 Rekor Penting Bitcoin Sepanjang 2021

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 04 Jan 2022 10:14 WIB
Bitcoin
Foto: Shutterstock
Jakarta -

13 tahun yang lalu, tepatnya pada 3 Januari 2009, bitcoin secara resmi dirilis oleh Satoshi Nakamoto. Namun sekarang ini, teknologi block chain tersebut telah berhasil menjadi salah satu instrumen keuangan digital yang sangat berpengaruh.

Bahkan pada 2021 ini disebut-sebut sebagai tahun istimewa bagi dunia kripto beserta komunitas di dalamnya. Hal ini mengingat banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terukir di sepanjang 2021.

Mau tahu peristiwa penting dan bersejarah apa saja tentang bitcoin yang terukir di sepanjang 2021? Berikut adalah delapan pencapaian bitcoin sepanjang 2021:

1. Nilai Pasar Bitcoin US$ 1 Triliun Pertama Kalinya

Pada 19 Februari 2021 kemarin, bitcoin mencapai nilai pasar US$ 1 triliun untuk pertama kalinya. Pencapaiannya ini datang setelah investor institusional besar dan perusahaan keuangan terkemuka mulai mendukung cryptocurrency pada awal tahun.

Sebut saja Tesla, Square dan MicroStrategy yang mulai menggunakan neraca mereka untuk membeli bitcoin. Hal ini tentu saja membuat popularitas bitcoin semakin meningkat pesat.

2. Morgan Stanley Tawarkan Klien Kaya Akses ke Dana Bitcoin

Pada Maret 2021, Morgan Stanley menjadi bank besar AS pertama yang menawarkan kliennya akses ke pasar cryptocurrency. Hal ini dilakukan oleh Morgan Stanley setelah banyak dari kliennya yang ingin agar perusahaan perbankan itu memberikan mereka akses ke perdagangan bitcoin cs.

3. El Salvador Pakai Bitcoin Alat Pembayaran Sah

Pada Juni 2021, pemerintah El Salvador secara resmi mengeluarkan undang-undang baru untuk mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, menjadi mereka sebagai negara pertama yang melakukannya.

Dengan adanya undang-undang tersebut, pemerintah mengizinkan bitcoin untuk digunakan sebagai pembayaran barang dan pajak di El Salvador. Selain itu, bisnis dapat memberi harga barang-barang mereka dalam bitcoin dan pertukaran tidak akan dikenakan pajak capital gain.