Waduh! NFT Rp 31 M Bergambar Kera Dibobol Maling

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 10:57 WIB
NFT
Foto: Istimewa
Jakarta -

Seorang kolektor non-fungible token (NFT) Todd Kramer kehilangan 16 dari Bored Ape Yacht Club (BAYC). Kehilangan koleksi NFT tersebut diduga karena diretas.

Bored Ape Yacht Club merupakan kumpulan 10 ribu karya seni unik yang menampilkan gambar kera dengan berbagai aksesoris. BAYC dibuat oleh Gordon Goner, Gargamel, No Sass, dan Emperor Tomato Ketchup yang dirilis pada 30 April 2021.

Karya seni tersebut sangat tenar di pasar NFT yang sekarang sedang terus berkembang. Dikutip dari lifestyleasia.com Kramer menyebut dia juga kehilangan Clonex.

"Saya diretas, semua koleksi kera saya hilang. Tolong bantu saya," cuit di di akun Twitternya dilansir Coin Desk, Jumat (7/1/2022).

Kramer juga menduga dirinya terjerat jebakan phising karena sebelumnya dia mengklik link yang tampilannya mirip dengan aplikasi pasar NFT miliknya. Dia menyebut saat ini NFT OpenSea sudah membekukan aset NFT yang dicuri demi keamanan.

Dikutip dari The Sun, Kramer memperkirakan nilai koleksi NFT yang dicuri mencapai US$ 2,2 juta atau Rp 31,4 miliar (kurs Rp 14.300). Beberapa waktu kemudian, Kramer menyampaikan jika beberapa aset NFT miliknya telah kembali.

(kil/ara)