Ridwan Kamil Jual Lukisan NFT, Harganya Naik 8 Kali Lipat

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 11:23 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Foto: Yudha Maulana
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjual lukisan di marketplace Non-fungible Token (NFT). Aset digital tersebut berhasil terjual delapan kali lipat dari harga aslinya.

"LUKISAN JALANAN BANDUNG INI TERJUAL 8 KALI LIPAT DI BURSA DIGITAL @NFT," kata Kang Emil melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil dikutip detikcom, Jumat (14/1/2022).

Lukisan yang dijual oleh Kang Emil secara digital adalah buatan pelukis jalanan di Braga, Bandung. Jika biasanya lukisan itu dihargai Rp 500 ribu, dengan dijadikan NFT laku Rp 4,2 juta.

"Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea," tuturnya.



Mantan Wali Kota Bandung itu menjelaskan bahwa Pemprov Jawa Barat mulai tahun ini membuka akun khusus di platform digital tersebut. Tujuannya untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif di Jabar agar nilai ekonominya menjadi berkali-kali berlipat.

"Dunia baru, cara baru untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," tambahnya.

(toy/eds)