Warga RI Ramai-ramai Jual NFT Foto KTP, Ini Lho Bahayanya!

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 16 Jan 2022 13:00 WIB
KTP digital bakal digencarkan pemerintah untuk mengantisipasi hilangnya dokumen penting. Bagaimana sederet informasi terbarunya?
e-KTP/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Setelah heboh Ghozali Everyday yang mampu meraup uang miliaran rupiah dari penjualan foto selfie-nya di NFT, warga RI banyak yang mengikuti jejaknya. Tapi sayangnya banyak yang salah kaprah terkait ngetrennya non-fungible token (NFT) ini.

Tiba-tiba salah satu platform penjualan atau marketplace NFT dibanjiri hal-hal aneh yang dijual dalam bentuk digital oleh warga Indonesia. Mulai dari makanan seperti kue lapis, hingga foto produk baju. Lebih parahnya lagi ada yang menjual foto-foto KTP.

Pakar Metaverse dari Indonesia Digital Milenial Cooperatives (IDM Co-op) MC Basyar memperingatkan bahwa yang dilakukan warga Indonesia hampir kelewat batas. Sebab sangat bahaya menjual KTP di NFT.

"Itu hati-hati loh. Kalau KTP dijual, lalu dimasukkan ke marketplace NFT, nanti KTP-nya sudah tersambung teknologi blockchain atau sudah ada smart contract-nya," tuturnya kepada detikcom, Minggu (16/1/2022).

Basyar menerangkan, hal-hal yang dijual dalam bentuk NFT akan tersambung dalam teknologi blockchain. Lalu ketika dibeli akan ada smart contract yang menjadi bukti bahwa NFT itu sudah dibeli dan menjadi hak kekayaan intelektual secara universal oleh si pembeli.

Di situlah bahayanya. Karena orang yang memiliki KTP di dunia nyata itu bisa kehilangan kekuatan jika saja si pembeli NFT KTP itu menyalahgunakannya.

"Nanti ketika ada yang beli orang tidak boleh protes loh kalau KTP itu digunakan di mana secara komersial. Karena dia sudah resmi dijual di marketplace NFT, itu ada smart contract-nya. Bisa dibilang hak kekayaan intelektual secara universal," tuturnya.

Basyar menilai warga Indonesia terlambat memahami terkait NFT itu sendiri. Oleh karena itu butuh edukasi yang lebih jauh terkait teknologi blockchain tersebut.

"Itu yang menurutku harus terus hati-hati. Jadi kalau memang mau cari duit bisa, tapi kalau cari sensasi ya repot. Makanya kami perlu edukasi," tutupnya.

Simak Video 'Heboh Jual Foto KTP di OpenSea':

[Gambas:Video 20detik]



(das/zlf)