ADVERTISEMENT

Puerto Rico Dianggap 'Surga' Bitcoin, Sultan Kripto Ramai-ramai Pindah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 08:55 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

David Johnston pada Maret 2021 lalu memindahkan orang tua, istri, tiga orang anak dan perusahaannya ke Puerto Rico. Johnston yang merupakan pengusaha kripto ini pindah karena Puerto Rico sangat ramah dengan bitcoin cs.

Dikutip dari CNBC disebutkan Johnston yang sudah masuk dalam ekosistem kripto sejak 2012 ini menyebut jika di Puerto Rico pajak sangat rendah. Bahkan para penduduk juga tetap bisa memegang paspor Amerika Serikat (AS).

"Semua teman saya sudah di sana (Puerto Rico), saya tidak punya lagi teman di New York," kata dia dikutip dari CNBC, Senin (17/1/2022).

Setelah melihat teman-temannya pindah, Johnston akhirnya memutuskan untuk mengikuti jejak mereka. "Pulau itu memiliki penduduk tiga juga orang, ini cukup besar untuk membangun pusat teknologi," jelas dia.

Johnston menyebut jika mendengar Puerto Rico, dia teringat dengan Austin pada 2012. Sebelum Tesla, Samsung dan Apple masuk dan menjadikannya sebagai kota yang bertransformasi menjadi pusat teknologi.

Menurut dia, saat ini Puerto Rico mirip dengan Austin, di mana banyak orang yang ingin pindah ke tempat tersebut. "Orang-orang yang saya kenal pindah ke sana untuk membangun sesuatu yang baru. Hal itu yang saya suka dari blockchain, terbuka untuk semua orang," jelas dia.

Johnston menyebutkan, ada banyak perusahaan rintisan dan kripto di Puerto Rico. Misalnya Redwood City Ventures juga sudah membuka kantor di sana.

Whistleblower Facebook Frances Haugen menyebutkan jika memang banyak orang yang menggandrungi kripto di Puerto Rico. Bahkan Youtuber sekaligus investor NFT Logan Paul juga sudah mendirikan toko di sana.

DI AS investor harus membayar pajak hingga 37% dari keuntungan yang didapatkan. Beda dengan Puerto Rico yang sangat ringan.

Namun memang beberapa tahun terakhir Puerto Rico dilanda nasib buruk, mulai dari gempa bumi, angin topan, kebangkrutan, dan parahnya dihantam pandemi.

Pengacara Giovanni Mendez saat ini sudah membantu banyak orang pindah ke Puerto Rico. Hampir separuh dari kliennya merupakan pemilik perusahaan kripto atau investor kripto. Jumlahnya terus meningkat dalam enam tahun terakhir.



Simak Video "Badai Tropis Fiona Mendekati Puerto Rico"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT