Mau Cuan Seperti Ghozali Lewat NFT? Ini Tips dari Pakar

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 21 Jan 2022 08:32 WIB
Jakarta -

Belakangan NFT atau non-fungible token semakin tenar di Indonesia, apa lagi setelah viralnya foto selfie Sultan Gustaf Al Ghozali. Fenomena tersebut membuat banyak yang ingin tahu apa trik dan kiatnya agar bisa cuan dari NFT?

CEO marketplace NFT lokal Baliola, I Gede Putu Rahman Desyanta memberikan sejumlah tips bagi pemula yang akan terjun ke dunia NFT. Pertama, ia tidak menyarankan untuk memasukkan hal yang pribadi seperti KTP ke NFT.

"Janganlah menaruh hal yang bersifat sangat amat personal, KTP itu jangan ditaruh di NFT itu bahaya," katanya dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (20/1/2022).

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk pemula yang akan masuk ke dunia NFT agar terlebih dahulu membaca dan belajar apa itu NFT.

"Hal lain kalau mau masuk ke NFT harus rajin baca dan membeli. Saya belajar blockchain dari kebiasaan Googling, baca jadi jangan judulnya aja tapi baca sampai bawah. Jadi kita mempelajari apa itu NFT, apa yang bisa dilakukan dengan NFT," jelasnya.

Setelah tau apa itu NFT dan pengetahuan terkait, mulai lah mencoba membuat karya. Jadi mulai untuk membuat satu karya dengan dibumbui sebuah tulisan di NFT tersebut.

"Mungkin meledaknya bukan sekarang. Mungkin nanti, atau ini menjadi warisan untuk anak-anaknya," tuturnya.

Kemudian, tips selanjutnya berkaitan dengan pengetahuan dan melindungi karya bangsa. Ia mencontohkan bagaimana dirinya di Bali yang saat ini tengah memasukkan karya di bali ke NFT. Hal itu dilakukan agar tidak mudah dijadikan hak cipta oleh negara lain.

Lalu, apakah nama yang unik dan harga murah bisa menarik pembeli di NFT? Menurut I Gede Putu, keunikan nama dari NFT mungkin bisa menjadi sebuah value tersendiri. Namun soal harga bukan jaminan.

"Nama itu bisa laku keras sih enggak tapi nama yang gampang orang ingat agar bisa dicari itu bisa. Untuk harga, harga pertama pasti biasanya sudah murah 0,01 Ethereum atau 0,001. Nanti akan naik," tutupnya.

(ara/ara)