VIral hingga Seret Nama Crazy Rich RI, Apa Sih Affiliator Binary Option?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 13:02 WIB
Trading
Ilustrasi trading/Foto: Freepik
Jakarta -

Affiliator trading Binary Option sedang ramai diperbincangkan. Ada nama crazy rich Indonesia yang konon kaya berkat ini.

Di media sosial pun tengah viral video seorang pria menyebut nama Doni Salmanan dan Indra Kenz sebagai affiliator trading dan menuduh keduanya melakukan penipuan.

Lalu, apa sih affiliator itu?

Analis Komoditas Ariston Tjendra mengatakan affiliator merupakan cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah yang dilakukan oleh individu. Mereka semacam diendorse dengan selalu memperlihatkan keuntungan dari trading tersebut agar masyarakat tergiur dan tertarik mengikutinya.

"affiliator itu seperti marketer atau sales yang tidak terikat yang mendapatkan penghasilan dengan memperkenalkan dan mengajak orang untuk membuka akun dan bertransaksi di Binary Option tersebut," kata Ariston kepada detikcom, Selasa (25/1/2022).

Ariston menyebut keuntungan yang didapat affiliator biasanya berasal dari komisi per transaksi. Sayangnya dia tidak mengetahui berapa besarannya.

"Biasanya sih pendapatannya bukan diperoleh dari kerugian nasabah, tapi dari komisi per transaksi," tuturnya.

Sementara itu, seorang mantan affiliator sekaligus aktor Ichal Muhammad membongkar pembagian keuntungan sebagai affiliator. Di mana 70% untuk dirinya dan 30% untuk aplikasi jika satu orang bermain memakai link afiliasi.

"Kalau lu bisa narik orang, pemasukan email-nya dia ke tempat lu itu bisa dapat persentase 70-30, 30% buat aplikasi itu, 70% (buat) gua dari loss. (Aplikasi) menginginkan rugi iya, cuma gua nggak bisa jawab dibikin rugi atau nggak. Jangankan aplikasinya, gua juga menginginkan rugi. Tapi apakah gua dan aplikasi menjadikan rugi, itu nggak tahu," katanya dalam YouTube Pantengin TV.

Ichal menyebut dirinya hanya trader sebelum akhirnya jadi affiliator karena dihubungi oleh salah seorang admin aplikasi tersebut di email. Selama itu dia harus berbohong seolah-olah selalu untung dari trading tersebut.

"Akhirnya gua mikir mending nggak punya duit tapi tenang daripada gua harus berbohong tiap hari. Di riwayat by sale kita kan bisa request buat hapus loss, jadi cuma profit agar orang percaya," bebernya.

Pengertian binary option ada di halaman berikutnya



Simak Video "SWI Heran Ada Afiliator Tidak Tahu Binary Option Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]