Mimpi Besar Anang Hermansyah Bikin Metaverse Versi Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 19:30 WIB
Blak Blakan Bersama Anang Hermansyah soal RUU Permusikan
Foto: Grandyos Zafna/detik.com
Jakarta -

Anang Hermansyah saat ini sedang mengembangkan proyek metaverse yang bernama Nusantaraverse. Nantinya semesta digital besutan Anang dan tim ini akan mengadopsi wilayah Indonesia.

"Nusantaraverse mimpi besar saya punya dunia maya, archipelago Indonesia," kata dia di Lu'Miere, Rabu (26/1/2022).

Dia mengungkapkan dalam Nusantaraverse ini nantinya akan menampilkan kekayaan-kekayaan nusantara yang sangat luar biasa.

Anang menyebutkan bahkan Nusantaraverse ini sudah dia cetuskan sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan nama ibu kota baru di Kalimantan yang bernama Nusantara.

Dengan Nusantaraverse ini Anang menginginkan jika kebudayaan Indonesia bisa terangkat dan lebih hebat hingga dikenal oleh seluruh dunia.

Selain itu, Nusantaraverse ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu sarana promosi pariwisata yang saat ini masih terkendala pandemi COVID-19.

Anang saat ini memang sedang concern pada NFT cs. Sebab menurutnya NFT bisa menjadi jawaban dari masalah besar di industri musik di Indonesia yakni pembajakan.

Dengan NFT dan blockchain ini, Anang yakin para musisi bisa memiliki masa depan yang gemilang. "Memang dibutuhkan kerja sama, gotong royong untuk membangun pasar musik di blockchain ini," jelas dia.

Menurut Anang, pasar musik NFT ini harus didiskusikan terlebih dahulu sebelum ada tetangga sebelah yang mengintip dan mencuri idenya tersebut.

"Jadi jangan sampai di luar ada yang bikin, lalu di sini kita gigit jari. Kita harus bikin duluan sebelum karya-karya pergi keluar," jelasnya.



Simak Video "Anang Hermansyah Rilis Games Congklak di NFT "
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)