Heboh Afiliator Binary Option, Dulu Ada Model Iklan Binomo Ternyata Ngibul

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 11:30 WIB
Yosua Putra
Model Binomo/Foto: dok. Yosua Putra
Jakarta -

Binary option kembali bikin heboh usai ada yang mengungkapkan afiliator yang bekerja sama dengan broker dituding mengambil untung besar dari kerugian membernya. Sederet nama Youtuber yang dijuluki Crazy Rich seperti Doni Salmanan dan Indra Kenz (Indra Kesuma) terseret karena disebut sebagai afiliator.

Sebenarnya binary option sudah ramai menjadi perbincangan pada 2019 lalu. Saat itu heboh aplikasi yang bernama Binomo. Ya, binomo adalah broker yang menggunakan sistem binary option, sama seperti yang ditawarkan para afiliator tersebut.

Menariknya Binomo viral karena video iklannya. Dalam video iklan itu memperlihatkan Budi Setiawan, seorang pria yang mengaku sukses jadi trader di Binomo. Bukan cuma mengaku sukses, pria ini pun membagikan tips-tipsnya menjadi orang sukses, ujungnya dia mengajak penonton untuk ikut jadi trader di Binomo.

"Jutaan orang bahkan tak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan US$ 1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah. Dan Anda adalah salah satu dari mereka," ucap Budi dalam video, seperti ditulis Kamis (27/1/2022).

Namun akhirnya, terungkap pria dalam video tersebut nama aslinya bukan Budi Setiawan, melainkan Yosua Putra. Dia juga bukanlah seorang trader, melainkan drummer.

Kepada detikcom, Kamis (14/11/2019), Yosua mengakui hal tersebut. Ia menjelaskan alasan berpenampilan yang disebutnya 'alay' dan nama samaran. "Iya, itu gue," jawabnya singkat melalui sambungan telepon.

Yosua menjelaskan mengapa dirinya menjadi model iklan yang viral tersebut. Awalnya, ia tidak sengaja karena ada tawaran yang masuk ketika dirinya di Rusia.

"Itu syuting nggak di Indonesia, di Rusia Agustus 2019. Gue ke Rusia karena pacar gue di sana, gue nyusulin tapi nggak punya banyak uang, terus ada yang nawarin buat iklan, budget-nya gede, ya gue ambil buat ongkos pulang ke Indonesia," kisahnya.

Sama seperti namanya, kehidupan Yosua juga bukan seperti yang digambarkan dalam video iklan Binomo. Yosua tidak kaya raya seperti digambarkan dalam iklan tersebut.

(das/fdl)