Sederet Kontroversi Binomo, Pakai Model Palsu Sampai Judi Online

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 15:50 WIB
Binomo
Foto: Binomo (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Membicarakan Binomo seperti tak ada habis-habisnya. Jika dulu tersandung legalitas, kini sistem kerja Binomo yang dibongkar habis-habisan. Selain itu bintang iklan Binomo yang disebut-sebut sangat kaya juga ternyata palsu, cuma buat ngibulin calon-calon membernya.

Beberapa tahun lalu, Bino heboh karena disebut-sebut bisa memberikan keuntungan untuk para membernya. Iklan Binomo pada 2019 lalu menampilkan Budi Setiawan yang disebut-sebut sukses karena melakukan trading di Binomo.

Dalam iklan itu, Budi dengan percaya diri memberikan tips untuk menjadi orang sukses. Meskipun pada akhirnya dia mengajak penonton untuk menjadi trader di Binomo.

"Jutaan orang bahkan tak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan US$ 1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah. Dan Anda adalah salah satu dari mereka," ujar Budi, ditulis, Jumat (28/1/2022).

Kata-kata itu sempat viral dan sempat diparodikan oleh sejumlah orang di media sosial. Namun akhirnya terungkap jika pria itu bukan bernama Budi, melainkan Yosua Putra. Dia juga bukan trader tapi cuma seorang drummer.

Saat itu Yosua mengaku butuh uang sehingga berani mengambil tawaran iklan tersebut. Satgas Waspada Investasi (SWI) juga telah menyatakan jika Binomo melanggar peraturan perundang-undangan.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan jika yang dilakukan afiliator masuk dalam kategori penipuan. Karena kegiatan yang dilakukan merugikan masyarakat. "Sudah diprediksi tidak akan mungkin terjadi. Sehingga yang diperoleh afiliator ini adalah keuntungan sebagian besar kerugian masyarakat. Semakin besar keuntungan mereka, kan begitu, ini makanya mereka harus dilaporkan ke polisi," terangnya.

Lanjut halaman berikutnya.