ADVERTISEMENT

Membabi Buta, Teror Pinjol Juga Nyerang Istri Polisi

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Feb 2022 12:45 WIB
Pinjol Ilegal
Foto: Pinjol Ilegal (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan jahatnya pinjaman online (pinjol) ilegal. Bahkan istri polisi pun ada yang jadi korban.

"Ada seorang juga pejabat penting, atau orang Polri lah, orang polisi ini kena istrinya," katanya dalam Seminar Edukasi "Pinjaman Online Legal atau Ilegal: Kebutuhan Masyarakat dan Penegakan Hukum", Jumat (11/2/2022).

Mahfud menceritakan, awal mulanya istri polisi ini ditinggal pergi ke luar negeri oleh suaminya itu untuk mengejar pendidikan. Saat ditinggal, istri polisi ini mengalami musibah, seingat Mahfud orangtua si istri polisi meninggal. Akhirnya dia meminjam uang di pinjol ilegal karena tidak mau mengganggu suaminya.

"Pinjam dia, di tagih, tagih, tagih terus sambil diteror begitu, akhirnya ditutup karena dia polisi suaminya, pulang, ya sudah selesai. Tapi ini contoh bahwa ini jahat sekali pinjol ilegal ini," paparnya.

Adapula kenalan Mahfud yang terlilit utang pinjol ilegal Rp 1,2 juta hingga berujung bunuh diri. Sedihnya, sang ibu tidak tahu bahwa anaknya wafat karena bermasalah dengan pinjol Ilegal.

"Banyak sekali korbannya, ada teman saya pinjam Rp 1,2 juta itu ditagih ditagih terus sampai akhirnya gusar sekali, bunuh diri," ujarnya.

Mahfud menekankan bahwa pinjol yang resmi harus tetap didukung dan didorong agar benar-benar menaati peraturan yang berlaku.

"Bahwa pinjol yang sudah berizin dan legal harus tetap didukung, dikembangkan, selain itu harus mendorong agar mereka mentaati aturan dan etika di dalam penagihan, mengimbau agar memberi suku bunga yang rendah dan terjangkau, serta memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," tambahnya.

Saksikan juga: Awas! Jebakan Judi Berkedok Trading

[Gambas:Video 20detik]



(toy/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT