ADVERTISEMENT

ASIX Gandeng Agate Garap Game Congklak

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 18 Feb 2022 18:56 WIB
Jakarta -

ASIX, perusahaan milik Anang Hermansyah siap meluncurkan game tradisional Congklak pada Maret tahun ini.

Anang mengatakan game Congklak akan secara resmi diluncurkan bulan depan dan bisa dimainkan di seluruh dunia. "Insyaallah nanti di Maret, Congklak sudah bisa dinikmati," ujarnya di Jakarta, Jumat (18/02/2022).

Meski begitu game ini tidak bisa diluncurkan bersamaan di Play Store (PS) dan IOS. Di IOS akan lebih lama satu sampai dua pekan dibanding di PS.

Untuk proyek game ini Anang menggaet perusahaan game developer, Agate dan musisi, Young Lex sebagai bagian dari tim ASIX.

CEO Agate, Arief Widhiyasa mengatakan kerjasama yang terjalin dengan ASIX merupakan bagian dari visi membangun karya-karya kreatif Indonesia.

"Sebenarnya di dalam game itu ada banyak elemen, seperti musik. Jadi bagaimana kita bisa membangun karya-karya anak bangsa," jelas Arief.

Lebih jauh, Arief mengatakan industri game ke depannya merupakan peluang yang besar buat Indonesia dengan tema budayanya karena melihat ada kejenuhan di dunia soal game yang temanya itu-itu saja, seperti viking atau samurai.

"Kalau bicara semua industri game atau metaverse, ini memang lagi naik-naiknya. Di dunia bahkan prediksinya sampai 2030 naik empat kali lipat kalau game industri plus metaverse," jelasnya.

Senada dengan Arif, Young Lex juga menyampaikan ada kejenuhan global terkait tema game.

"Semuanya sudah habis, samurai, Viking, mitologi Yunani, itu sudah habis. Di Indonesia itu ada banyak banget, ada Majapahit, Sriwijaya, Borobudur, Nyi Roro Kidul. Ada banyak banget yang belum diangkat ke dunia fantasi," papar Young Lex.

Melihat peluang itu, Anang tidak berhenti di game Congklak, bersama Agate, Anang sedang mempersiapkan proyek selanjutnya.

Adapun token ASIX milik Anang memiliki tiga proyek yang menjadi pengembangan bisnisnya. Salah satunya ada game bergenre play to earn (P2E).

game yang akan dikembangkan merupakan permainan asli Indonesia. Ada beberapa permainan yang disiapkan secara digital. Salah satunya adalah Congklak.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT