Pengguna Dompet Digital DANA Tembus 100 Juta, Ada 7 Juta Transaksi/Hari

Zefanya Aprilia - detikFinance
Kamis, 24 Feb 2022 18:01 WIB
Peluncuran Dana Dompet Digital

CEO Dana Vincent Iswara (kiri) bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf (tengah) saat melakukan transaksi menggunakan aplikasi Dompet Digital Dana disela peluncuran Dompet Digital Indonesia DANA, di Jakarta, Rabu (5/12). Dana adalah dompet digital berkonsep  open platform yang diperkuat oleh tekhnologi berkelas dunia dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Grandyos Zafna/detikcom
Dompet Digital DANA/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pengguna dompet digital DANA telah mencapai 100 juta di seluruh Indonesia. Capaian ini menjadi milestone bagi e-wallet yang diluncurkan pada akhir 2018.

CEO & Co-Founder DANA,Vince Iswara menilai hasil ini juga merefleksikan komitmen DANA dalam mendorong keuangan digital yang inklusif melalui solusi transaksi digital yang aman, mudah, dan nyaman. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna yang telah mempercayakan DANA sebagai dompet digital pilihannya.

"Pencapaian ini sekaligus menandakan makin besarnya penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan hingga investasi jangka panjang. Pencapaian ini juga menjadi indikator positif menuju masyarakat Indonesia yang lebih cerdas keuangan digital dan mampu memberdayakan ekonomi bangsa," kata Vincemelalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/2/2022).

Di balik pencapaian 100 juta pengguna, Vince mengatakan setiap hari terjadi sekitar 7 juta transaksi melalui dompet digital DANA di seluruh Indonesia untuk berbagai pemenuhan kebutuhan. Terlebih, pengguna semakin familiar dengan penggunaan QRIS dalam bertransaksi. Ada lebih dari 31 juta transaksi DANA menggunakan QRIS di tahun lalu.

Infografis 100 juta pengguna DANAInfografis 100 juta pengguna DANA Foto: Dok. DANA

Sementara itu, lanjut Vince, DANA juga berupaya untuk mendukung UMKM. E-wallet ini secara akumulatif telah menggerakkan lebih dari 400.000 UMKM untuk berbisnis digital. Melalui DANA Bisnis, para pelaku UMKM tersebut memperoleh lonjakan transaksi hingga 35%, serta terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS.

DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk yang memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usahanya secara digital dan membagikannya ke calon pembeli. Tercatat, ada 5.000 katalog produk yang dibagikan sepanjang tahun lalu. Kemudian, ada 5.000 merchant online yang bermitra dengan DANA.

Untuk pengguna, e-wallet itu juga menghadirkan kolom 'Favorit' pada fitur Kirim Uang untuk mempermudah pengiriman uang. Hingga akhir 2021, DANA mencatat ada lebih dari 350 juta total transaksi fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.

Semua transaksi pengguna juga dijamin dengan DANA Protection. Setidaknya, lebih dari 21 juta transaksi yang berhasil diproses dan dilindungi dengan DANA Protection di tahun lalu.

Lebih lanjut, Vince menyebut DANA menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital. Lantas, e-wallet tersebut terus berkomitmen untuk mengakomodir berbagai kebutuhan masyarakat. baik dengan terus berinovasi maupun melalui upaya-upaya kolaboratif dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga pemerintah daerah.

Seperti dengan kerja sama DANA dan Dewan Kerajinan Daerah (Denkrasnada) Pontianak baru-baru ini. DANA akan membantu digitalisasi dan pengembangan UMKM di daerah tersebut. Selain itu juga memperluas kemitraan strategis seperti BPJS Ketenagakerjaan, Secure Parking, dan WeTV. Dengan demikian, masyarakat dapat memenuhi berbagai kebutuhannya dengan mudah melalui DANA.

Untuk menyempurnakan manfaatnya, DANA juga terus melakukan edukasi untuk pelaku usaha dan komunitas di berbagai daerah lewat sejumlah inisiatif seperti DANA Academy, DANA Talk, dan lainnya. Berdasarkan catatan DANA, selama tahun 2021, lebih dari 1.200 pelaku usaha dan komunitas telah mendapatkan edukasi mengenai keuangan digital. Maka demikian, pemanfaatan dompet digital dapat dirasakan menyeluruh dan mampu berkontribusi dalam percepatan inklusi keuangan digital.

(akn/hns)