Semua Sudah Serba Digital, Peran Fintech Dinilai Makin Vital

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 31 Mar 2022 13:35 WIB
Fintech
Foto: Fintech (istimewa)
Jakarta -

Perkembangan ekonomi dan sektor digital di Indonesia perlu didukung oleh sektor pembiayaan. Kehadiran financial technology (fintech) dinilai sangat penting di tengah zaman yang serba digital.

Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, digitalisasi di perbankan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan bisnis ke depan. Oleh karena itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

"Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, kami bisa bersinergi dengan AFPI di mana kebutuhan digitalisasi di perbankan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan bisnis ke depan. Hal ini dapat dijawab melalui sinergi dengan beberapa pihak termasuk AFPI," ujar Maming, dalam Penandatanganan MoU antara HIPMI dengan AFPI di Istana Wakil Presiden RI, pada keterangannya (31/3).

Maming berharap kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan langkah yang lebih konkret.

"Saya berharap setelah dilakukannya penandatanganan ini, tidak hanya sebatas prosesi penandatanganan saja, tetapi dilakukan pelaksanaan yang lebih rill berdasarkan prinsip kemitraan dan saling memberikan manfaat baik bagi HIPMI Syariah Conference maupun AFPI, serta yang paling penting bisa berkontribusi positif dalam pembangunan ekonomi syariah di Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum AFPI Adrian A. Gunadi mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik penandatanganan MoU ini. Ia meyakini bahwa teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendorong ekonomi syariah di Indonesia dengan potensi yang begitu besar.

"Kita sebagai warga negara Indonesia harus mempersiapkan generasi kita untuk bisa memanfaatkan teknologi tersebut," ungkap Adrian.

Ia berharap, dengan kerja sama ini, pihaknya mampu dan semangat untuk mendorong kreativitas-kreativitas ke depannya untuk bagaimana berkolaborasi, saling menguatkan, sebagai inkubator, akselerator, dan integrator ke depannya dengan ekosistem yang ada.

AFPI menilai HIPMI merupakan mitra bisnis yang tepat, berkaca dari ekosistem organisasi HIPMI yang memiliki karakteristik pengusaha modern dan terbuka pada perkembangan teknologi.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari HIPMI dalam mempertimbangkan pembiayaan syariah untuk bisa diakses oleh para anggotanya. Kami menyadari bahwa upaya-upaya untuk mengenalkan keuangan syariah sangat diperlukan dari berbagai pihak, salah satunya dengan kolaborasi ini," tuturnya.



Simak Video "Dalam Usaha, Dunia Maya dan Dunia Nyata Itu Beda"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)