Kapok! Binance Bakalan Ogah Jual Terra LUNA Lagi

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 13 Mei 2022 14:20 WIB
Ilustrasi Binance
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Salah satu platform jual beli aset kripto terbesar di dunia, Binance, mengumumkan telah menangguhkan perdagangan token Terra (LUNA) dan TerraUSD (UST).

Hal itu dilakukan menyusul penurunan harga token tersebut yang anjlok lebih dari 99%. Binance menyatakan pairing token LUNA/BUSD, LUNA/USDT, LUNA/BTC, LUNA/ETH, LUNA/UST dihapus dan dihentikan transaksinya pada 13 Mei 2022 hari ini.

Binance juga mengatakan akan mengambil tindakan pencegahan kontraknya dengan kedua token tersebut. Binance berniat menghapus pasangan kripto itu, jika harganya berada di bawah US$ 0,005.

Penyebab turunnya harga Terra LUNA terjadi karena harga stablecoin UST yang sedang menyusut. UST sendiri merupakan stablecoin algoritmik yang menggunakan sistem pencetakan dan pembakaran token yang kompleks, untuk menyesuaikan pasokan dan menstabilkan harga.

Token UST dibuat dengan membakar beberapa mata uang kripto yang terikat LUNA, untuk mempertahankan nilainya terhadap dolar, demikian dikutip dari laman Techcrunch, Jumat (13/5/2022).

Terraform Labs juga mengatakan telah menghentikan blockchain Terra, dan saat ini pihaknya sedang bekerja untuk menyusun rencana untuk menyelamatkan aset kriptonya itu.

(fdl/fdl)