Pertama di RI! Ada Metaverse Pertanian, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 17:59 WIB
Ilustrasi Metaverse
Foto: Ilustrasi Metaverse
Jakarta -

PT Mitra Sangkara Abadi, pemilik Token Sangkara ($MISA) menggabungkan Pertanian dalam dunia nyata dalam satu Metaverse. Bekerja sama dengan PT Bumi Meta Indonesia, mereka telah menjual NFT Perdana mereka dalam Flash Presale dan sold out hanya dalam waktu 15 menit.

Awal proyek ini dibuka dengan tanah pertanian seluas 5,6 Ha, yang dibagi ke dalam 56 NFT yang masing-masing memiliki luas 1000 m2. Agak berbeda dengan metaverse lainnya yang menggunakan ukuran pixel dalam penjualannya, 5Harvest0 membuat ukuran dalam satuan meter persegi (m2), sehingga tanah aslinya pun berukuran sama dengan batas yang nyata.

NFT yang dimiliki ini akan memiliki periode kadaluwarsa, yaitu selama 12 bulan atau 2 periode tanam Padi. NFT ini hanya merupakan tahap pertama dalam rencana pengembangan Play 2 Earn (P2E) yang nantinya semua orang akan bisa mengurus lahannya secara digital dan berdampak nyata di dunia sesungguhnya.

"Ini langkah kedua dalam Dunia metaverse yang kami ciptakan, sehingga semua bisa memiliki Kebun, sawah, tambang dan lain lain tanpa harus keluar rumah. Ini akan menguntungkan para pengusaha dan pekerja sekaligus investor," kata CMO MSA Albert Setiawan.

Sementara itu Sekjend Apedi sekaligus CEO PT Bumi Meta Indonesia (BMI) Mochamad Sabdo mengatakan kerja sama ini bisa berdampak dalam memajukan perekonomian di sektor pertanian.

"Kerja sama dengan Sangkara dalam hal ini adalah langkah nyata Kami memajukan Perekonomian Para Pengusaha desa khususnya pertanian. Hal ini sejalan dengan misi dan visi Apedi dan BMI, dan Sangkara membantu mewujudkan itu," jelasnya.

Para pemilik NFT dari BMI dan Sangkara ini akan memiliki hak untuk pengelolaan lahan untuk masa tertentu, penyewaan, dan tentunya mendapatkan Hasil dari hasil tanahnya. Selain itu dinamisnya harga dari NFT juga bisa dinikmati. Ini tentunya hal baru dalam dunia NFT Indonesia dan dunia.



Simak Video "Menengok Metaverse Fashion Week untuk Pertama Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)