ADVERTISEMENT

Diselidiki Otoritas Thailand soal Kerugian, Zipmex Buka Suara

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 20:45 WIB
Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bticoin/Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Regulator sekuritas dan bursa Thailand menyelidiki Zipmex platform cryprocurrency yang memilik operasional di beberapa negara seperti Indonesia, Singapura dan Thailand serta Australia.

Investigasi karena platform tersebut menghentikan sementara penarikan dana dalam aplikasinya, terkait Babel dan Celcius

Hal ini dilakukan karena Zipmex memiliki eksposur ke Babel dan Celsius yang merupakan platform crypto yang sedang bermasalah.

CEO & Co-Founder Zipmex Marcus Lim mengakui soal Babel Finance dan Celcius, dan sedang melakukan penyelesaian masalah tersebut.

Zipmex telah men-deposit-kan aset digital di Babel Finance dan Celsius sejak awal operasi ZipUp+.

"Pada 13 Juni 2022, Celsius melakukan penangguhan penarikan dari platform mereka, di mana kami langsung menghubungi mereka untuk meminta kejelasan. Namun, kami menilai bahwa jumlah neraca kami saat itu dapat menyerap potensi kerugian tersebut, sehingga kami telah menyetujui untuk menyerap potensi kerugian tersebut dan menghapus jumlah piutang," ujarnya dalam keterangan tertulis Selasa (26/7/2022).

Dia mengungkapkan sejak Babel Finance menangguhkan penarikan dana, pihak Zipmex telah berupaya terus menerus untuk menghubungi mereka dan telah memutuskan untuk mengambil langkah hukum untuk menyelesaikan kasus ini.

Marcus menambahkan sama seperti aset digital lainnya, nilai ZMT tergantung pada faktor eksternal dan juga terdampak oleh fenomena ekonomi global.

Zipmex berencana menciptakan sebuah ekosistem agar ZMT dapat digunakan.

"Kami terus berusaha memenuhi komitmen roadmap kami. Kami memohon maaf atas isu yang terjadi pada ZipUp+. Saat ini, kami telah mengaktifkan kembali fitur withdrawal/penarikan dana Trade Wallet di seluruh kawasan operasional kami. Kami sangat mengapresiasi seluruh dukungan serta kesabaran Anda," jelasnya.

Marcus menambahkan pihaknya berupaya untuk melakukan pemulihan aset. Zipmex akan memberikan laporan terkini terkait kemajuan dari kondisi saat ini secara berkala. Hal ini tidak hanya melingkupi gugatan hukum terhadap Babel Finance dan Celsius, tetapi juga rencana investasi perusahaan.

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT