ADVERTISEMENT

Dompet Digital Bertaburan, Siapa Jagoannya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 08:00 WIB
gopay
Foto: Gojek
Jakarta -

Dompet digital kini menjadi salah satu aplikasi yang dimiliki oleh banyak orang di perkotaan. Dengan dompet digital ini pembayaran dan transaksi keuangan menjadi lebih mudah.

Biasanya dompet digital ini digunakan untuk pembayaran di merchant offline seperti restoran sampai toko ritel. Lalu untuk pembayaran transportasi umum hingga transportasi online.

Kira-kira siapa ya yang menjadi jagoan dompet digital ini?

Dikutip dari laporan Populix berjudul Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps ada 10 aplikasi e-wallet atau dompet digital yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Posisi pertama ditempati oleh GoPay yang menguasai 88%, lalu DANA 83%, OVO 79%, ShopeePay 76%, LinkAja! 30%, i.saku 7%, OctoMobile 5%, DoKu 4%, Sakuku 3% dan JakOne Mobile 2%.

E-wallet ini sangat populer karena praktis digunakan dan bisa untuk berbagai jenis merchant. Seperti transaksi di e-commerce.

Kemudian orang juga gemar menggunakan dompet digital ini karena cashback, terintegrasi layanan transportasi online, fitur yang beragam, aman dan direkomendasikan oleh keluarga atau teman.

Dalam riset juga disebutkan orang biasanya menggunakan dompet digital ini 2-3 kali per minggu untuk pembayaran e-commerce dan transaksi non tunai transportasi online. Selain itu juga untuk pembelian pulsa, pembayaran listrik, air dan kartu kredit.

Dompet digital ini juga biasa digunakan untuk mengirimkan uang ke saudara dan orang tua. Kemudian dompet digital digunakan untuk berinvestasi dan membeli voucher atau langganan layanan streaming.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT