Keren! Ada Metaverse Khusus Anker Commuter Jabodetabek

ADVERTISEMENT

Keren! Ada Metaverse Khusus Anker Commuter Jabodetabek

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 11 Okt 2022 11:05 WIB
Naik Turun Penumpang KRL di Stasiun BNI City
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Kabar baik buat para pengguna KRL alias anker (anak kereta), ada metaverse yang dibuat khusus untuk pengguna transportasi publik berbasis rel tersebut.

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge secara resmi meluncurkan MyVerse, versi beta dari ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia. Ekosistem digital ini dapat mulai dinikmati dan dimanfaatkan publik sejak kemarin.

Dalam pengembangan ekosistem tersebut, Perseroan berkolaborasi dengan 2 perusahaan kreatif digital global yaitu Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture).

Menariknya masyarakat bisa mengakses metaverse ini tanpa harus menggunakan perangkat khusus (wearable device). Berdasarkan riset yang Perseroan lakukan terhadap industri metaverse, adopsi secara massal merupakan kunci keberhasilan dari suatu ekosistem digital.

Aset digital yang dibangun merupakan visualisasi dari aset yang sebenarnya pada kehidupan nyata sehingga diharapkan menjadi jembatan antara realitas dan dunia virtual. Para pengguna dapat menikmati seluruh fitur yang ada pada My Verse dengan lebih mudah seperti mendapatkan informasi secara real time, melakukan komunikasi antar pengguna, aktivitas komunitas, perdagangan, aktivitas gamifikasi yang menarik, serta bisa menjadi wadah media periklanan dan hiburan yang atraktif.

"Peluncuran MyVerse versi beta untuk publik ini merupakan tahap awal untuk membantu mendorong peningkatan ekonomi kreatif digital Indonesia. Seluruh kalangan masyarakat dapat memanfaatkan ekosistem digital ini. Tentunya untuk membangun ekosistem di dunia Metaverse tidaklah mudah, diperlukan juga latency konektivitas yang rendah dalam memberikan experience terbaik bagi pengguna," kata CEO Surge, Hermansjah Haryono dalam keterangannya, Selasa (11/10/2022).

Dengan didukung infrastruktur yang dimiliki perseroan yaitu infrastruktur serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta hingga 64 Tbps serta Edge Data Center di puluhan lokasi bagi kebutuhan Content Delivery Network, diharapkan dapat memberikan experience terbaik bagi pengguna MyVerse.

"Dengan dukungan infrastruktur digital yang lengkap dari Surge yaitu konektivitas serat optic berkapasitas besar, edge data center, content delivery network, maupun pengalaman yang baik dalam pengembangan aplikasi serta layanan TI, dapat mendukung pengembangan MyVerse secara berkesinambungan dan kami membuka seluas-luasnya potensi kolaborasi dengan berbagai kalangan dalam turut membangun ekosistem digital Indonesia yang lebih baik ke depan," lanjut Hermansjah.

Adapun pada tahap awal, target potensi pengguna MyVerse ialah 20 juta pengguna moda transportasi berbasis rel maupun publik yang selama ini menikmati layanan-layanan dari Surge. MyVerse diharapkan memberikan peningkatan experience bagi seluruh pengguna tersebut dan mendorong perluasan lini bisnis periklanan dan produk digital perseroan yang dapat berkontribusi signifikan kepada pendapatan perseroan ke depan.

"Dengan platform Our3D Space, kami telah memperluas jangkauan dan manfaat dari metaverse ke masyarakat umum Indonesia yang lebih luas, didukung dengan pengalaman dan SDM digital terbaik, FromLabs siap untuk mendukung pengembangan MyVerse yang lebih atraktif ke depan," ujar CEO Fromlabs Pte. Ltd., Indra Wijaya.

Pada tahapan sebelumnya, MyVerse telah diujicobakan kepada berbagai komunitas kereta commuter Jabodetabek atau KRL dengan respon yang positif. Surge juga telah berkolaborasi dengan 36 brand untuk tahap awal pemanfaatan ekosistem MyVerse mulai dari industri ritel, pendidikan, serta keuangan dan investasi.

Selain itu, perseroan juga telah mengundang 168 ribu mitra warung dan UMKM yang selama ini memanfaatkan berbagai layanan dari Surge untuk mulai memanfaatkan ekosistem MyVerse sebagai bentuk peningkatan pelayanan bertransaksi dalam berbagai kebutuhan.

"Kami percaya bahwa adopsi massal menjadi poin utama dalam memberikan keunggulan kompetitif dari ekosistem digital MyVerse. Peluncuran MyVerse ini merupakan suatu langkah awal yang strategis bagi kami dan ke depan melalui keunggulan riset pengembangan serta desain human-centric berbasis komunitas yang kami lakukan, akan menempatkan MyVerse menjadi salah satu ekosistem digital terdepan seiring berjalannya waktu," tutup CEO dari FuturPhuture, Jeremy Quek.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT