Geram Namanya Dicatut Promo Kripto Pi Network, Wamendag Tempuh Jalur Hukum

ADVERTISEMENT

Geram Namanya Dicatut Promo Kripto Pi Network, Wamendag Tempuh Jalur Hukum

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 15:46 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga saat berdiskusi dengan perwakilan Pengusaha Senior Hariara Tambunan di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (9/12/2021). Dalam pertemuan ini pemerintah optimistis di Tahun 2022 mendatang ekonomi Indonesia akan bangkit dan para pengusaha juga diminta untuk tetap optimis untuk menjalankan usahanya.
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: dok. Kemendag)
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga membawa viralnya audio promo aset kripto Pi Network yang mengatasnamakan dirinya ke ranah hukum. Menurutnya hal itu sudah melanggarkan hukum apa lagi telah disebarluaskan dan viral di media sosial.

Jerry mengatakan dirinya telah berkonsultasi dengan Biro Hukum Kemendag dan Bappebti untuk menindak lanjuti hal tersebut. Nantinya akan dilihat juga secara hukum pelanggaran dan pasal apa yang dilanggar.

"Seperti tadi kalau ada seolah-olah menampilkan suara saya itukan bertentangan dengan hukum, ketika ada orang menyajikan rekaman suara dan mengklaim itu sebagai suara, itu sesuatu yang bertentangan dengan hukum," tuturnya.

"Nanti mungkin juga ada follow up dari pihak yang berwenang, nanti akan lihat tindak lanjutnya seperti apa. Tentu menempuh jalur hukum yang sesuai prosedur dan peraturan," tuturnya.

Langkah ini diambil juga agar isu yang beredar ini tidak menyesatkan masyarakat. Ia juga menegaskan bahwa menyebarkan sesuatu yang tidak benar telah bertentangan dengan hukum.

"Kalau orang menyajikan rekaman suara dan mengklaim itu sebagai suara saya dan itu bukan suara saya, saya pikir itu sesuatu yang bertentangan dengan hukum, itu yang akan kita proses ke depan. Sekali lagi tidak pernah ada informasi atau endorsement dari saya, atau suara dari saya terkait dengan Pi Network sebelumnya," ungkapnya.

Sebagai informasi, Jerry telah memberikan klarifikasi mengenai beredarnya audio yang diduga adalah suaranya. Audio itu beredar di media sosial YouTube pada beberapa video yang mempromosikan cryptocurrency Pi Network.

Jerry membantah bahwa audio itu bukan dirinya yang telah terbesar di sejumlah video di YouTube itu. Hal ini diluruskan Jerry karena narasi yang disampaikan sejumlah video di YouTube itu bahwa Jerry telah menyampaikan keterangan resmi dan dukungan terhadap Pi Network.

"Ada yang men-direct message saya yang menanyakan terkait Pi Network saya juga nggak tahu, karena saya tidak pernah mendengar ini, tiba-tiba apakah betul saya memberikan semacam keterangan atau semacam pernyataan terkait Pi Network ini. Bahkan di salah satu yang disampaikan teman-teman, ada semacam pernyataan dari saya dan ada videonya diputar, video itu ditampilkan seolah-olah itu suara saya," jelas Jerry dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (10/11/2022).

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT