Duit Nasabah Bursa Kripto FTX Rp 15 T Lenyap di Tengah Kabar Bangkrut, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Duit Nasabah Bursa Kripto FTX Rp 15 T Lenyap di Tengah Kabar Bangkrut, Kok Bisa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2022 11:51 WIB
People pass their time at a cafe which has dozens of screens showing the latest trends and prices on various cryptocurrencies for their crypto investors customers in Nakhon Ratchasima, Thailand January 21, 2022. Picture taken January 21, 2022. REUTERS/Soe Zeya Tun
Foto: REUTERS/SOE ZEYA TUN
Jakarta -

Duit sebanyak US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.500) milik nasabah dikabarkan lenyap dari bursa kripto FTX. Hal itu disampaikan dua sumber yang mengatahui masalah ini.

Dikutip dari CNN, Selasa (15/11/2022), pendiri FTX Sam Bankman-Fried dilaporkan diam-diam mentransfer US$ 10 miliar dana nasabah dari FTX ke perusahaan Bankman-Fried yang lain Alameda Reserch. Demikian kata sumber Reuters.

Sebagian dari dana tersebut telah hilang. Satu sumber menyebut, jumlah yang hilang sekitar US$ 1,7 miiar. Namun, ada juga yang menyebut dana yang hilang antara US$ 1 miliar dan US$ 2 miliar.

Meski diketahui bahwa FTX memindahkan dana nasabah ke Alameda, tapi adanya kehilangan dana dilaporkan baru-baru ini.

Adanya lubang keuangan terungkap dari catatan yang dibagikan Bankman Fried dengan eksekutif senior minggu lalu, menurut sumber.

Catatan itu memberikan laporan terkini tentang situasi pada saat itu. Kedua sumber memegang posisi senior FTX hingga minggu ini, dan mengatakan bahwa mereka diberi pengarahan tentang keuangan perusahaan oleh pimpinan staf.

FTX yang berbasis di Bahama mengajukan kebangkrutan pada hari Jumat. Itu terjadi setelah nasabah melakukan penarikan besar-besaran.

Lihat juga Video: Proyeksi CEO Asix + Soal Stabilitas Kripto Tahun Depan

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT