Kripto FTX Bikin Rugi Triliunan hingga Bangkrut, Bisnisnya Mirip Skema Ponzi?

ADVERTISEMENT

Kripto FTX Bikin Rugi Triliunan hingga Bangkrut, Bisnisnya Mirip Skema Ponzi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 11:49 WIB
Ilustrasi Bitcoin atau Investasi Kripto
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sam Bankman-Fried membangun FTX hanya dalam waktu tiga tahun. Saat itu dia didukung oleh investor marquee dengan modal US$ 32 miliar.

Dikutip dari CNN, kini FTX menjadi bursa pertukaran kripto yang besar. Namun hanya butuh beberapa hari FTX tersungkur di jurang kebangkrutan.

Memang saat ini krisis kripto sedang terjadi di beberapa wilayah di dunia. Kasus yang dialami oleh Bankman-Fried dan FTX ini hampir mirip dengan skema Ponzi Bernie Madoff. Madoff dikenal sebagai American fraudster yang menggunakan skema Ponzi dan merugikan investor hingga US$ 64,8 miliar.

Bankman-Fried disebut sangat mahir merayu investor dan regulator untuk menyembunyikan hal yang tidak beres di permukaan.

Mantan ketua Federal Deposit Insurance Corp Sheila Bair mengungkapkan jika saat ini regulator dan investor seharusnya bisa melihat kondisi yang terjadi. "Mirip dengan Bernie Madoff," ujar dia dikutip dari CNN, Rabu (16/11/2022). Pada jumat, FTX mengalami kebangkrutan dan membuat rugi banyak pemain di bursa pertukaran kripto.

Bair menjelaskan sebelum skema Ponzi ini meledak, Madoff dikenal sebagai orang yang berpengaruh di Wall Street. Selain itu dia juga merupakan orang yang pernah memimpin Pasar Saham Nasdaq dan bertugas untuk mengelola uang orang-orang kaya di sana.

Sementara itu Bankman-Fried merupakan simpatisan pada kampanye Demokrat saat pemilu 2022 lalu. Bankman-Fried juga mempekerjakan sejumlah mantan regulator AS untuk menduduki posisi senior di FTX.

CEO Better Markets Dennis Kelleher menyebutkan saat ini FTX memiliki strategi revolving door hires dari Commodities Futures Trading Commission (CFTC). Ini digunakan untuk mempengaruhi orang-orang yang akan menjadi target berikutnya.

CEO Coinbase Brian Armstrong mengungkapkan orang-orang yang masuk ke FTX merasa ditipu. "FTX itu mampu menarik perhatian orang banyak, nyatanya fundamentalnya sangat lemah," jelas dia.

FTX mengumpulkan pendanaan dari berbagai investor seperti BlackRock, SoftBank, Sequoia dan investor besar lainnya hingga US$ 32 miliar.

Hingga berita ditayangkan pihak FTX dan kuasa hukum Bankman-Fried tidak memberikan tanggapan.



Simak Video "Bos Kripto Rusia Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Helikopter"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT