Investor Kripto Tembus 15 Juta Jauh Lampaui Saham, Ternyata Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Investor Kripto Tembus 15 Juta Jauh Lampaui Saham, Ternyata Ini Sebabnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 11:15 WIB
Ilustrasi Kripto
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Jumlah investor kripto di Indonesia terus melonjak dari tahun ke tahun. Bahkan saat ini jumlah investor kripto sudah melebihi jumlah investor saham di pasar modal.

Per Juni 2022 investor kripto jumlahnya sudah mencapai 15,1 juta orang. Sementara investor di pasar modal jumlahnya jauh lebih sedikit hanya 9,1 juta orang. Data tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR pekan lalu.

Kok bisa investor kripto jumlahnya makin besar? Menurut Analis DCFX Futures, Lukman Leong jumlah investor kripto tumbuh disebabkan oleh variasi produk yang beragam dan juga kemudahan bagi investor untuk mendaftar.

Berinvestasi di aset kripto pun tak perlu banyak aturan macam investasi di pasar saham. Maka wajar saja menurut Lukman investor kripto jumlahnya tumbuh pesat bahkan melebihi jumlah investor di pasar saham.

"Hal yang membuat jumlah investor kripto tumbuh hingga melewati investor saham disebabkan oleh kemudahan dalam mendaftar, luasnya variasi produk jenis kripto yang ditawarkan," kata Lukman ketika dihubungi detikcom, Kamis (17/11/2022).

Lebih lanjut, Lukman menyatakan meskipun jumlah investor kripto besar, namun jumlah dan volume transaksinya lebih kecil daripada transaksi di pasar saham. Hal ini mengindikasikan pasar saham belum ditinggal peminatnya.

"Walau lebih besar jumlah investornya, namun secara nilai transaksi investor di kripto rata-rata lebih kecil daripada investor saham," ungkap Lukman.

Investor kripto banyak anak muda. Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT