Mobil Listrik Dahlan Iskan Siap Dijual ke Publik Jika Sukses Tempuh 1.000 Km

- detikFinance
Minggu, 05 Agu 2012 14:14 WIB
Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan baru mau memproduksi mobil listrik secara massal jika mobil listrik miliknya mampu menempuh 1.000 km tanpa mogok dan rusak.

"Sekarang baru 1, saya akan coba mobil ini habis-habisan sebelum dijual ke publik, saya tiap hari pakai, saya coba dulu 1.000 km," ujar Dahlan ketika ditemui di Kantor PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Gambir, Jakarta, Minggu (5/8/2012).

Saat ini, lanjut Dahlan, mobil listrik miliknya baru menempuh 300 km. Dia mengakui selama ini mobilnya itu belum pernah mogok ataupun rusak, tetapi sempat berhenti di jalan karena baterainya habis.

"Belum pernah satu kali pun mogok atau rusak, tapi kalau yang dilihat berhenti itu karena low batt, saya nggak mau charger dulu, supaya ketahuan low batt, tapi mogok belum pernah, rusak belum pernah," tegasnya.

Sembari menunggu mobil ini diproduksi massal, Dahlan menyatakan pihak telah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebagai bentuk keseriusan pemerintah mengembangkan teknologi ini.

"Untuk memberikan kepercayaan pada publik yang selalu mempertanyakan infrastrukturnya bagaimana, makanya ini contohnya murah banget, cepat banget, supaya tidak ada keraguan," tandasnya.



(nia/dru)