Follow detikFinance
Selasa, 25 Jun 2013 11:40 WIB

Indonesia Masih Jadi Produsen Kopi Terbesar No.3 di Dunia

- detikFinance
Foto: Maikel-detikFinance Foto: Maikel-detikFinance
Jakarta - Sampai saat ini Indonesia masih menjadi penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Tahun lalu, produksi kopi tercatat sebesar 748 ribu ton per tahun atau 6,6% dari produksi kopi dunia.

"Produksi tahun 2012 adalah sebesar 748 ribu ton atau 6,6% dari produksi kopi dunia," ungkap Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam pembukaan Pameran Kopi Nusantara 2013, di Plasa Kemenperin, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (25/6/2013).

Jumlah tersebut terdiri dari produksi kopi robusta mencapai lebih dari 601 ribu ton (80,4%) dan produksi kopi arabika mencapai lebih dari 147 ribu ton (19,6%). Sementara luas lahan perkebunan kopi Indonesia mencapai 1,3 juta hektar, dengan luas lahan perkebunan kopi robusta mencapai 1 juta ha dan arabika 0,30 ha.

"Maka dari itu industri kopi menjadi salah satu industri prioritas yang terus dikembangkan," sebutnya.

Beberapa produk kopi andalan dalam negeri, menurut Hidayat, adalah Gayo Coffee, Mandaling Coffee, Lampung Coffee, Java Coffee, Kintamani Coffee, Toraja Coffee, Bajawa Coffee, Wamena Coffee, dan juga Luwak Coffee.

"Itulah kopi dengan rasa dan aroma khas sesuai dengan indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia," ujarnya.

Dalam pameran yang diselenggarakan Kemenperin, ada 33 peserta dengan 50 stan yang disediakan. Ada 14 stan merupakan industri pengolahan kopi, 10 stan wakil dari 8 provinsi penghasil kopi, 7 stan dari cafe/waralaba dan stakeholder industri pengolahan kopi nasional lainnya.

"Ini pertama kali dilakukan. Saya harap ini adalah salah satu kekuatan dan potensi kita di masa depan," ungkap Hidayat.



(dnl/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed