Follow detikFinance
Rabu, 26 Nov 2014 13:38 WIB

Pabrik Baru Diresmikan, Krakatau Steel Dapat Pesanan 2.700 Pipa dari Pertamina

- detikFinance
Foto: Pabrik Baja Krakatau Steel (Zulfi-detikFinance) Foto: Pabrik Baja Krakatau Steel (Zulfi-detikFinance)
Cilegon - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) hari ini meresmikan pabrik pipa baja kedua milik anak perusahaannya PT KHI Pipe Industry di Cilegon, Jawa Barat. Pabrik ini sudah banjir pesanan.

Meski baru diresmikan, pabrik ini sudah banjir pesanan dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebanyak 2.700 ton pipa.

Direktur Utama Krakatau Steel Irfan Hakim menyebut, dengan beroperasinya pabrik baru ini, PT KHI bakal menjadi produsen pipa baja terbesar di Indonesia.

"Investasinya Rp 350 miliar. Ini memungkinkan PT KHI masuk ke industri pipa terbesar di Indonesia," kata Irfan di Pabrik Krakatau Steel, Cilegon, Jawa Barat, Rabu (26/11/2014). Pabrik tersebut diresmikan hari ini oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Pabrik ini berkapasitas produksi 115.000 ton/tahun. Satu gulungan pipa yang diproduksi, beratnya bisa mencapai 15 sampai 17 ton.

Direktur Teknik dan Produksi PT KHI Nizar Rahmat mengatakan, pabrik ini fokus membuat pipa baja untuk sektor industri minyak dan gas (migas). Dengan adanya pabrik ini, maka kapasitas produksi keseluruhan untuk pipa baja PT KHI adalah 220.000 ton per tahun.

"Kita punya dua jenis pipa. Pertama spiral dan kedua coating pipe atau pipa berlapis," tuturnya.

Pabrik ini beroperasi sejak 14 Oktober 2014 namun peresmiannya baru hari ini.

Saat pertama beroperasi bulan lalu, PT KHI mendapatkan pesanan perdana dari Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk memasok 2‎.700 ton pipa baja untuk keperluan industri migas milik anak usaha Pertamina tersebut. Pesanan harus selesai Desember tahun ini. Saat ini baru 40% pesanan yang terpenuhi.

(zul/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed