Jual Jet Typhoon ke RI, Eurofighter Diklaim Lebih Awet

Zulfi Suhendra - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2015 19:36 WIB
Jakarta -

Eurofighter menawarkan proposal penjualan jet tempur Typhoon kepada militer Indonesia. Typhoon akan membidik program pergantian jet F-5 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) yang telah uzur.

Eurofighter memberikan penawaran menarik, salah satunya adalah mesin yang awet, tak perlu cepat diganti sehingga biaya perawatan dan operasional lebih murah.

Tawaran yang menarik ini bukan tanpa dasar. Eurofighter harus bersaing ketat dengan produsen pesawat tempur dunia lainnya agar bisa memikat hati militer Indonesia.

"Kalau ada budget, yang pertama menawarkan 10 pesawat, yang lainnya tawarkan 6 pesawat. Pasti pilih yang 10 pesawat. Tapi kalau yang 10 pesawat itu dalam 5 atau 10 tahun harus ada yang diganti komponennya bagaimana? Harus melihat whole cycle cost (biaya siklus seluruhnya), dalam 30 tahun. Kita lebih awet," kata ‚ÄéHead of Industrial Offset Eurofighter, Martin Elbourne kala berbincang di Hotel Grand Hyatt, Kamis (6/8/2015).

Tawaran lain yang diberikan ialah program alih teknologi atau Transfer of Technology (ToT). Eurofighter bersedia memberikan alih teknologi kepada perusahaan pesawat Indonesia, PT Dirgantara Indonesia (Persero). Ketika mencapai kesepakatan dengan militer Indonesia, Typhoon akan dirakit pada fasilitas PTDI di Bandung Jawa Barat.

"Ini adalah tawaran menarik dan bisa membuat industri pesawat di Indonesia naik ke level yang lebih tinggi," jelasnya.

(zul/hen)