Industri Didorong Tingkatkan Produksi Komponen Lokal untuk Otomotif

Dina Rayanti - detikFinance
Jumat, 29 Apr 2016 17:23 WIB
Foto: File detikOto
Jakarta - Pemerintah telah menetapkan kendaraan bermotor sebagai salah satu industri prioritas dengan mempertimbangkan kepentingan nasional, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan produktivitas.

Salah satunya adalah mobil ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, LCGC wajib memakai kandungan lokal.

"Bagaimana kita bisa meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, kalau bisa dikerjakan di sini ya disini. Makanya dalam LCGC itu ada kewajiban konten lokal. Jadi kita tetapkan dan tidak bisa memilih, misalnya air conditioner harus domestik, dengan begitu maka volume ac-nya kan naik," ujar irektur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan pada Focus Group Discussion (FGD) Forum Wartawan Industri bertajuk 'Membedah Struktur Industri Komponen Otomotif Nasional di Cibitung, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016)..

Salah satu perusahaan konten lokal adalah PT Denso Indonesia, saat ini PT Denso Indonesia memproduksi radiator, filter, busi, ECU (Electronic Control Unit) yang mendukung industri otomotif lokal.

"Pabrik kita disini produksi ac mobil maupun bis kompresor, radiator, filter dan kelompoknya, pabrik ketiga yang mendukung industri saat ini (otomotif) busi, ecu, speedometer," ujar Direktur Operasi Denso Indonesia, A. Hartoyo, di Auditorium PT Denso Indonesia, di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016).

detikFinance dan rombongan media lainnya berkesempatan mengelilingi pabrik pembuatan komponen di PT Denso Indonesia. Di dalam pabrik terlihat para pekerja sedang melakukan kegiatan  masing-masing.

Juga terdapat training center untuk persiapan perlombaan internasional dan karyawan baru. Saat ini, PT Denso Indonesia sudah melakukan ekspor ke sejumlah negara seperti Arab Saudi, Brazil, Taiwan, dan India.

"PT Denso Indonesia juga sudah melakukan ekspor produk kita 70% ekspor untuk kompresor. Komponen kita ekspor ke sejumlah negara di antaranya, Arab Saudi, Brazil, Taiwan, India," ujar salah satu staff PT Denso Indonesia yang mengantar rombongan berkeliling.

Berdasarkan data Gaikindo untuk ekspor komponen pada tahun 2015 berjumlah 4.683.519 unit angka ini naik jika dibandingkan tahun 2014 yaitu 4.208.355 unit. (hns/hns)