Follow detikFinance
Jumat 09 Dec 2016, 20:10 WIB

Darmin Rapat 3 Jam Bahas Industri Strategis, Ini Hasilnya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Darmin Rapat 3 Jam Bahas Industri Strategis, Ini Hasilnya Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat koordinasi membahas kebijakan industri strategis. Rapat koordinasi kali ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Rapat yang berlangsung selama 3 jam dari pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB saah satunya membahas pengembangan industri prioritas. Beberapa sektor industri prioritas disampaikan untuk dikembangkan ke depannya.

"Tadi yang kita bicarakan adalah prioritas pengembangan dari sektor industri ya karena dulu kita sudah pernah bahas sebenarnya tapi kan menterinya berganti ya kita minta lah ada perubahan apa nggak. Tadi sudah disampaikan prioritasnya apa saja, tapi saya nggak hafal lah panjang ceritanya," jelas Darmin di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2016).

Selain itu, Airlangga juga mengusulkan agar industri lainnya bisa menikmati harga gas di bawah US$ 6 per MMBTU. Saat ini, sudah ada tiga industri yang akan menikmati harga gas di abwah US$ 6 per MMBTU per 1 Januari 2017.

Airlangga menilai masih banyak industri lain yang perlu menikmati harga gas di bawah US$ 6 per MMBTU, sehingga biaya produksi bisa ditekan.

"Menteri Perindustrian dalam diskusi mengatakan jangan hanya BUMN saja dong yang dapat, ada juga industri lain yang sangat penting terhadap gas. Tapi kita tidak rapat khusus mengenai gas," kata Darmin.

Airlangga mengusulkan harga gas untuk industri kaca dan keramik bisa mendapatkan harga gas di bawah US$ 6 per MMBTU. Penurunan harga gas untuk dua industri tersebut saat ini masih dikaji.

"Dalam situasi begitu Menteri Perindustrian nyeletuk soal gas untuk dua jenis industri, gitu," tutup Darmin. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed