Follow detikFinance
Kamis 09 Mar 2017, 07:04 WIB

Ini Penampakan Kereta INKA yang Bolak Balik Dipesan Bangladesh

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Ini Penampakan Kereta INKA yang Bolak Balik Dipesan Bangladesh Foto: Dok. PT INKA
Jakarta - Pemerintah Bangladesh memesan 250 kereta buatan BUMN yang bermarkas di Madiun, yaitu PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Hal ini disampaikan Perdana Menteri (PM) Bangladesh, Sheik Hasina, kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu di sela-sela KTT IORA (Indian Ocean Rim Association), JCC, Selasa (7/3/2017).

Menurut Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, M. Choliq, pembahasan lanjutan dengan pemerintah Bangladesh sudah dilakukan. Rencananya, kontrak pengadaan 250 kereta itu akan diteken akhir Maret atau April tahun ini.

"Mudah-mudahan akhir bulan ini atau bulan depan sudah tandatangan kontrak," ujar Choliq kepada detikFinance, Rabu (8/3/2017).

Ini Penampakan Kereta INKA yang Bolak Balik Dipesan BangladeshFoto: Dok. PT INKA


Choliq menjelaskan, Bangladesh memesan kereta kelas eksekutif dan ekonomi. Kereta kelas eksekutif dilengkapi AC dan kipas angin. Sedangkan kelas ekonomi hanya dilengkapi kipas angin. Adapun operatornya nanti adalah BUMN Kereta Bangladesh.

"Kebetulan pemerintah Bangladesh mendukung, dan PM Bangladesh support banget," kata Choliq.

INKA sudah tiga kali menang proyek pengadaan kereta Bangladesh. Pertama, pada 2012 INKA menang kontrak pengadaan 50 gerbong kereta senilai Rp 775 miliar.

Ini Penampakan Kereta INKA yang Bolak Balik Dipesan BangladeshFoto: Dok. PT INKA


Kedua, di 2014 INKA menang pengadaan 150 gerbong kereta senilai Rp 1,1 triliun. Ketiga, tahun ini INKA menang pengadaan 250 gerbong kereta senilai Rp 1,4 triliun.

Choliq menambahkan, jika kontrak ditandatangani sesuai rencana, maka pengiriman 250 unit kereta tahap pertama bisa berjalan akhir tahun ini.

"Yang 250 ini kalau sudah tandatangan kontrak, mudah-mudahan kita mulai kirim pertama akhir 2017, untuk 2018," ujar Choliq.

Ini Penampakan Kereta INKA yang Bolak Balik Dipesan BangladeshFoto: Dok. PT INKA
(hns/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed