Follow detikFinance
Sabtu 11 Mar 2017, 11:34 WIB

Buka Pameran Furnitur, Jokowi: Ekspor Harus Kita Dorong

Ray Jordan - detikFinance
Buka Pameran Furnitur, Jokowi: Ekspor Harus Kita Dorong Foto: Ray Jordan
Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri peresmian pembukaan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2017 di Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengatakan banyak permasalahan kerajinan yang harus dicari solusinya.

Acara pembukaan pameran ini berlangsung di Ruang Semeru Gedung Pusat Niaga, JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/3/2017). Jokowi tiba di lokasi acara pukul 10.00 WIB.

Jokowi tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang. Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

"Saya kira memang masih banyak tantangan-tantangan, masalah-masalah yang perlu dijadikan solusi, dicarikan jalan keluar," kata Jokowi dalam sambutannya.

Buka Pameran Furnitur, Jokowi: Ekspor Harus Kita DorongFoto: Ray Jordan

Jokowi mengatakan, semakin sering dilakukan pertemuan pihak-pihak terkait, maka masalah yang menghambat terkait penjualan hasil kerajinan ini akan selesai.

"Dan, menurut saya semakin banyak kita bertemu, baik dari asosiasi, menteri-menteri, maupun dengan saya, saya kira masalah-masalah itu akan kita selesaikan dengan baik. Tanpa ketemu, terutama pelaku-pelaku usaha, saya kira sulit kita mencarikan solusi," katanya.

"Kita ngomong apa adanya bahwa masih banyak masalah, banyak problem yang perlu dicarikan solusi maupun pemberian insentif bagi industri-industri kita. Itulah yang sedang kita proses, kita lakukan. Ada yang sudah, hal berkaitan produksi, produktivitas, dan ekspor, inilah yang akan terus kita dorong," tambahnya.

Buka Pameran Furnitur, Jokowi: Ekspor Harus Kita DorongFoto: Ray Jordan

Usai meresmikan pameran, Presiden Jokowi langsung berkeliling meninjau stan-stan pameran barang kerajinan mebel. Kehadiran Jokowi disambut oleh para pengusaha, pengrajin dan penjaga stan dengan bersalaman dan ada beberapa yang memberikan penjelasan soal produk yang dijajakan.

Pameran mebel dan kerajinan ini akan berlangsung selama empat hari, dari 11-14 Maret 2017 di JI Expo Kemayoran. Pameran ini merupakan kerjasama Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dengan Dyandra Promosindo.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Pariwisata.

Buka Pameran Furnitur, Jokowi: Ekspor Harus Kita DorongFoto: Ray Jordan

IFEX 2017 ini mengusung tema 'The Essence of Infinite Innovation' untuk mendorong para produsen tanah air terus berinovasi menghadirkan produk-produk mebel dan kerajinan yang disukai pasar internasional. (jor/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed