Follow detikFinance
Jumat 05 May 2017, 17:36 WIB

Saran Pengusaha Taiwan Agar Tenaga Kerja RI Terserap Industri

Muhammad Idris - detikFinance
Saran Pengusaha Taiwan Agar Tenaga Kerja RI Terserap Industri Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia, John Chen Chung, menyebut Indonesia diuntungkan dengan adanya bonus demografi yang tinggi, yang ditandai dengan besarnya jumlah penduduk usia produktif.

Namun, menurut Chen, kemampuan tenaga kerja Indonesia perlu ditingkatkan, khususnya yang sesuai kebutuhan industri.

"Sumber daya manusia di Indonesia sangat besar, sebanyak 60% itu usianya di bawah 40 tahun. Tapi yang perlu ditingkatkan yakni kemampuannya, dalam hal ini pelatihan-pelatihan teknik yang perlu ditingkatkan lagi," ujar Chen ditemui di Lembaga Pendidikan Keahlian (LPK) Teknik Formosa Sentral, Jati Uwung, Kota Tangerang, Jumat (5/5/2017).

Menurut Chen, pemerintah Taiwan menawarkan bantuan peningkatan kualitas SDM di Indonesia, dengan memperbesar kuota magang dan mahasiswa Indonesia yang belajar langsung ke negara pulau tersebut.

"Untuk selanjutnya, pemerintah Taiwan akan meningkatkan lagi kuota untuk kuliah di Taiwan, atau sekolah teknik agar bisa ditingkatkan lagi kuota untuk orang Indonesia ke Taiwan. Seperti belajar peternakan langsung di sana, bisa mempelajari dan praktik langsung di sana," terang Chen.

Baca juga: Pengusaha Taiwan: Laut RI Terbaik di Dunia untuk Budidaya Ikan

Beberapa universitas di Indonesia, sambungnya, juga sudah melakukan kerja sama dalam hal peningkatan kemampuan SDM.

"Universitas-universitas di Taiwan juga sudah menandatangani MoU dengan universitas di Indonesia seperti UI, ITB, dan lainnya," ujar Chen yang sudah sekitar 4 bulan tinggal di Indonesia ini.

Selain itu, pihak Taiwan juga membuat LPK untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja Indonesia. Sasarannya para lulusan SMK dan SMA yang dipersiapkan untuk bekerja di sektor industri.

LPK yang berada di Kota Tangerang tersebut khusus melatih keterampilan mesin bubut dengan dua jurusan yakni CNC (Computer Numerical Control) dan HMIC-PLC (Human Machine Interface Control and Programmable Logic Control).

"(LPK) Formosa datangkan guru terbaik langsung dari Taiwan, Taiwan punya pengalaman dan sistem yang sudah sangat bagus. Operator lulusan dari sini bisa mengoperasikan mesin bubut untuk menghasilkan barang dengan kualitas tinggi," kata Chen. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed