Follow detikFinance
Senin 08 May 2017, 16:05 WIB

Pengusaha Minuman Ringan Curhat Konsumen Irit Belanja

Muhammad Idris - detikFinance
Pengusaha Minuman Ringan Curhat Konsumen Irit Belanja Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Memasuki kuartal I-2017, konsumsi masyarakat dinilai masih lemah saat pertumbuhan ekonomi masih bisa mencatatkan positif 5,01%. Kondisi dikeluhkan pengusaha minuman lantaran penjualannya turun dibandingkan tahun lalu.

Ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim), Triyono Pridjosoesilo, mengatakan untuk kuartal I-2017 volume penjualan industri minuman ringan minus 3-4%. Hal ini terjadi hampir di semua kategori minuman ringan.

"Penyebabnya memang multi faktor. Tapi yang utama adalah daya beli konsumen rumah tangga, ini dampaknya langsung pada penjualan minuman ringan. Dari volume penjualan di kuartal I-2017 itu minus," jelas Triyono saat Asrim Outlook 2017 di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Tahun lalu, kata dia, penjualan industri minuman ringan masih bisa tumbuh 7,58%. Namun demikian, yang mengkhawatirkan pengusaha, yakni tren pertumbuhan yang terus mengalami penurunan yakni di awal tahun 2000-an tembus di atas 10%, kemudian selama 4 tahun terakhir 4-5%.

Hampir semua jenis minuman ringan kemasan tersebut mengalami penurunan penjualan 4-5% yakni minuman air putih kemasan, teh, jus, isotonic, kopi, dan soda.

"Penurunan paling besar soda dengan minus di atas 15%. Hanya dua minuman yang positif yakni susu dan minuman energi. Penurunan penjualan terjadi di tradisional warung-warung 3%, tapi juga toko modern antara 6-7%," ujar Triyono.

Menurut dia, memang faktor semakin iritnya masyarakat dalam berbelanja, dalam hal ini minuman ringan, membuat pengusaha minuman cukup terpukul.

"Kami melihat perkembangannya sekarang semua ekonomi digerakkan dari pengeluaran rumah tangga, terutama yang digerakkan dari makanan dan minuman. Begitu turun konsumsinya dampaknya sangat besar sekali," terang Triyono. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed