Follow detikFinance
Senin 08 May 2017, 19:13 WIB

Pengusaha Andalkan Lebaran Dongkrak Penjualan Minuman Ringan

Muhammad Idris - detikFinance
Pengusaha Andalkan Lebaran Dongkrak Penjualan Minuman Ringan Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Industri minuman ringan awal tahun ini cukup terpukul. Pasalnya, meski pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2017 masih tercatat positif yakni 5,01%, pengusaha minuman ringan mengeluhkan turunnya penjualan rata-rata 3-4%.

Ketua Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim), Triyono Pridjosoesilo, berharap ada perbaikan saat Ramadan dan Lebaran, karena biasanya konsumsi rata-rata naik 30% seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saat Lebaran itu kan puncak penjualan. Teman-teman produsen biasanya sudah siapkan produksi 2 bulan sebelum. Memang 2 bulan ini jadi sibuk-sibuknya produksi, dari sisi kontribusi dalam setahun, saat jelang Lebaran itu kontribusinya 30% penjualan," jelas Triyono dalam Asrim Outlook 2017 di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Dia belum bisa memprediksi berapa estimasi lonjakan saat Lebaran nanti. Momen tersebut sangat menolong saat pengeluaran masyarakat untuk membeli minuman ringan tengah lesu.

"Ini bisa jadi penyelamat, tumpuan penjualan tahun ini. Berapa naiknya saya belum bisa prediksi. Lebaran jadi penyelamat bagi kami," terang Triyono.

Menurut Triyono, awal tahun ini rendahnya pengeluaran konsumsi rumah tangga otomatis membuat penjualan minuman ringan seret. Selain itu, tren dalam beberapa tahun belakangan pertumbuhan industri minuman ringan juga memang semakin menurun.
Dalam 4 tahun terakihir, sambung Triyono, industri minuman ringan hanya tumbuh 4-8%, jauh di bawah pertumbuhan di awal tahun 2000-an yang kisarannya 10-15%.

"Awal tahun ini kan panas, harusnya orang malah banyak beli minuman ringan. Kami saja merasa aneh kalau pas panas-panas biasanya banyak orang beli minum. Makanya kita berharap Lebaran bisa dongkrak penjualan, karena banyak orang keluarga berkumpul, pulang kampung bawa produk minuman, saya yakin pasti naik," pungkas Triyono. (idr/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed