Follow detikFinance
Kamis 06 Jul 2017, 18:50 WIB

Bangun 11 Pabrik Gula Baru, RI Bisa Swasembada di 2019

Muhammad Idris - detikFinance
Bangun 11 Pabrik Gula Baru, RI Bisa Swasembada di 2019 Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Untuk menunjang program swasembada gula, Kementerian Pertanian (Kementan) mengupayakan investasi pembangunan pabrik gula (PG) baru. Selain pabrik, investasi juga meliputi pembukaan lahan baru untuk penanaman tebu.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi, Syukur Iwantoro, mengatakan hingga 2019 targetnya ada 11 PG baru yang terbangun. Sejak 2016, sudah ada 4 PG baru dari target tersebut yang rampung dibangun.

"Yang sekarang target 11 PG baru dari 2016. 4 PG sudah terbangun di antaranya 1 PG sudah operasional di Blora. Kemudian Lamongan, Lampung, Dompu sudah mulai terbangun tapi belum operasional," jelas Syukur kepada detikFinance, Kamis (6/7/2017).


Sementara 7 PG lainnya, ditargetkan sudah selesai dibangun dan siap beroperasi pada 2019 yang masing-masing berada di Sumba Timur, Ogan Komering Ilir, Timor Tengah Selatan, Indramayu, Blitar, Kotawaringin, dan Timor Tengah Utara.

Sebanyak 2 PG dibangun oleh investor lokal yakni Wings Group di Ogan Komering Ilir, dan Djarum Group di Sumba Timur. Sementara 9 pabrik lainnya dibangun investor asing. Total kebutuhan gula konsumsi nasional yakni sekitar 3 juta ton per tahun.

"Nilai investasinya rata-rata satu PG Rp 3-5 triliun. Dari 11 PG tersebut akan ada tambahan produksi gula lokal sebesar 2,5 juta ton per tahun. Produksi gula (konsumsi) saat ini 1,9 juta ton, kalau ditambah 2,5 juta ton artinya produksi gula di 2019 itu 4,4 juta ton. Itu sudah swasembada kalau target tersebut dipenuhi. Beberapa investor sudah melakukan verifikasi lahan dan menyatakan serius," jelas Syukur.


Sementara untuk lahan tebu yang dibutuhkan untuk 11 PG baru tersebut yakni sebesar 170.000 hektar. "Itu lahan-lahan tebu yang dikerjasamakan dengan Perhutani, ada pula yang HGU (Hak Guna Usaha) habis, dan KPHP (Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi)," terang Syukur. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed