Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 07:28 WIB

Ini Dia Kereta Buatan Madiun yang Laris Manis Dipesan Bangladesh

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Ini Dia Kereta Buatan Madiun yang Laris Manis Dipesan Bangladesh Foto: Pool
Jakarta - Bangladesh, negara di Asia Selatan, kepincut produk kereta nasional produksi PT INKA (Persero). Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, telah menyampaikan keinginan Bangladesh membeli produk INKA saat bertemu Presiden Joko Widodo saat KTT IORA (Indian Ocean Rim Association), Maret 2017.

BUMN yang berbasis di Madiun ini mengikuti dua tender kereta di Bangladesh, yaitu 50 unit jenis BG atau Broad Gauge dan 200 unit jenis MG atau Meter Gauge.

"INKA mendapat kepercayaan untuk yang 50 BG dulu. Proses pembuataanya 2 tahun dan kami serahkan akhir 2018 atau awal 2019," ujar Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, M. Choliq kepada detikFinance, pekan lalu.

Bangladesh memesan kereta penumpang kelas ekonomi. Semua kereta ini dioperasikan Bangladesh Railways Company.

Pemerintah Bangladesh mendapatkan pinjaman dari Asian Development Bank (ADB) untuk membeli kereta INKA. Choliq mengatakan, tender kedua untuk 200 unit kereta MG akan berlangsung tahun ini.

Menurut Choliq, jika INKA menang tender ini maka total nilai proyek kereta Bangladesh yang digarap INKA mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

"Kita ikut untuk yang 200. Kalau diberi kepercayaan ke INKA lagi itu nilainya total hampir Rp 1,4 triliun," jelas Choliq.

INKA bukan hanya kali ini memproduksi kereta untuk Bangladesh. Sebelumnya, INKA memenangi tender pengadaan 150 kereta penumpang .

Sebanyak 150 kereta penumpang tersebut terdiri dari 100 unit tipe MG (Meter Gauge) dan 50 unit tipe BG (Broad Gauge) yang telah sukses dikirim ke Bangladesh pada November 2016 lalu. Pada 2012, INKA juga mengirim 50 unit kereta ekonomi pesanan Bangladesh

(hns/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed