Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 12:02 WIB

Penundaan Lelang Gula Rafinasi Disepakati Darmin dan Mendag

Muhammad Idris - detikFinance
Penundaan Lelang Gula Rafinasi Disepakati Darmin dan Mendag Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Direncanakan mulai diterapkan pada 1 Oktober 2017, pelaksanaan lelang gula rafinasi akhirnya ditunda hingga Januari tahun depan. Penundaan dilakukan lantaran jumlah peserta dari usaha kecil dan menengah (UKM) masih sedikit.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bachrul Chairi, menjelaskan penundaan lelang gula rafinasi diputuskan dalam rapat Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution, dan Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita Jumat (22/9/2017).

"(Penundaan) kesepakatan Menko dan Menteri Perdagangan, karena tujuannya (untuk kepentingan) UKM, tapi baru 300-an (UKM yang ikut). Indonesia kan (penduduknya) 260 juta orang, masa UKM (keikutsertaan lelang) cuma 300-an," kata Bachrul kepada detikFinance, Selasa (26/9/2017).


Selain jumlahnya baru 300, peserta UKM yang daftar hanya dari 18 provinsi. Padahal ketentuannya dalam pelaksanaan lelang, harus diikuti oleh UKM dari semua provinsi di Indonesia.

"Baru mewakili 18 provinsi, kalau provinsi yang lain harus terwakili juga baru bisa dijalankan. Targetnya harus seluruh provinsi, ada sosialisasi yang kurang, jadi harus ditingkatkan sosialisasi ke daerah," ujar Bachrul.

Sebelumnya, Kemendag berencana memulai lelang gula rafinasi pada 1 Oktober 2017 dengan menunjuk PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) sebagai pelaksana lelang. Selama ini pemenuhan gula rafinasi yang mencapai 3 juta ton dilakukan dengan kontrak langsung ke produsen gula rafinasi.

Versi Kemendag, sistem kontrak ini dirasa tak adil lantaran UKM sulit membeli langsung dari produsen, sehingga mereka harus membelinya dari distributor atau pihak kedua yang harganya lebih mahal. Gula rafinasi yang beredar di pasaran dijual Rp 12.500-13.000/kg, sementara jika mendapatkannya langsung dari produsen harganya hanya di kisaran Rp 8.500/kg. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed