Follow detikFinance
Senin, 12 Feb 2018 13:05 WIB

Usai Malaysia, Mobil Pedesaan Jokowi Bakal Jajal Aspal Afrika

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F rachman Foto: Fadhly F rachman
Jakarta - Salah satu model kendaraan pedesaan yang diproduksi oleh CV Karya Hidup Sejahtera telah diekspor ke Malaysia. Kendaraan yang didesain sebagai alat mekanisasi pertanian itu memang sudah tahap produksi dan dipasarkan.

Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto, mengungkapkan selain Malaysia, ada beberapa negara lain yang juga tertarik dengan kendaraan pedesaan buatan anak bangsa, salah satunya ialah Afrika.


"Beberapa pasti ada, rencananya kita mau ekspansi ke Afrika," kata Harjanto saat berbincang dengan detikFinance di kantornya, pekan lalu.

Harjanto menjelaskan, kendaraan pedesaan ini memang ditujukan selain untuk dalam negeri, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan pasar global. Terutama untuk negara-negara yang berorientasi di sektor pertanian.


"Kan negara-negara seperti itu perlu jadi pasalnya sebenarnya ya negara-negara yang unggul di pertaniannya misalnya," kata Harjanto.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini ada beberapa negara yang juga memiliki konsep kendaraan pedesaan, contohnya India bahkan China. Oleh sebab itu, Pemerintah Indonesia juga ingin masuk dan bisa bersaing dalam mengembangkan kendaraan pedesaan ini.


"Di India kan juga mereka punya. Nah kita juga ingin punya kendaraan itu supaya kita bisa ekspor ke negara-negara yang memang didukung oleh pertanian," tuturnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed