Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Mar 2018 21:19 WIB

Kemendag Izinkan 25 Perusahaan Impor Garam Industri

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Kiagoos Auliansyah/grafis Foto: Kiagoos Auliansyah/grafis
Jakarta - Sebanyak 25 perusahaan dikatakan sudah mendapatkan izin impor garam industri dari Kementerian Perdagangan. Perusahaan tersebut akan memiliki kewenangan untuk mengimpor 676.000 ton.

"Sudah kita keluarkan 25 (izin impor). Saya bilang kan gitu 676.000 ton," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).


Oke menambahkan ada salah satu perusahaan, yaitu PT MJB Pharma mengubah persetujuan impornya dari jalur laut menjadi jalur udara. Hal ini dilakukan karena kebutuhan industri farmasi sangat membutuhkan bahan baku tersebut.

"Jadi pakai pesawat karena dia sudah betul-betul habis dan harus segera. Jadi pasti itu cepat direalisasikan. Jadi realisasi tanya Kemenperin," tutur Oke.


Pihaknya pun membebaskan industri untuk melakukan impor garam industri kapanpun asal tidak melebihi kuota yang telah ditetapkan. Pembebasan tersebut mempertimbangkan kebutuhan bahan baku garam industri yang berbeda di setiap perusahaan.

"Kita atur sesuai pelabuhan yang masuk itu untuk kebutuhan industri jadi dia terserah industrinya. Kalau industri kertas di Riau dia mau ke Pekanbaru ya udah nggak usah gitu dan waktunya pun kita beri sampe akhir Desember ya tergantung mereka realisasinya pasti mereka mengajukan sesuai kebutuhan itu adalah tingkat keekonomisan," kata Oke. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed