Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 30 Mar 2018 08:54 WIB

Menperin: Kerajinan Perak Salah Satu Industri Unggulan RI

Usman Hadi - detikFinance
Foto: Usman Hadi/detikFinance Foto: Usman Hadi/detikFinance
Yogyakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto memuji keberadaan sentra industri kerajinan perak di Kotagede, Yogyakarta. Menurutnya, sentra industri kerajinan perak di Kotagede memiliki banyak keunggulan.

"Ini (kerajinan perak) namanya handycraft, buatan tangan. Salah satu keunggulan kita kan mengandalkan talent, ini salah satu bukti talent," kata Airlangga di sela kunjungannya di HS Silver Kotagede, Kamis (29/3/2018).

Sebagai industri berbasis kerajinan tangan, lanjut Airlangga, sentra industri kerajinan perak di Kotagede sarat dengan nilai tambah. Terlebih para perajin perak di HS Silver selalu konsisten memakai bahan baku perak lokal.

"Industri ini perlu didorong terus, dan ini dengan pengembangan teknologi digital pun ini (industri perak Kotagede) harus tetap dibuat dengan tangan. Jadi ini memiliki daya saing yang luar biasa," bebernya.

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Golkar ini memuji lestarinya keberadaan perajin perak di Kotagede. Seperti di HS Silver, sentra perajin perak yang dibuka tahun 1953 ini masih tetap eksis sampai sekarang.

"Tentu ini salah satu dari sering disebut klaster. Karena di daerah Kotagede ini kan semuanya perajin perak. Mereka kalau berkumpul memang kompetensinya meningkat dan tentu pemasarannya lebih mudah," ucapnya.

"Kalau industri ini seperti ini baiknya memang klaster, berkelompok. Sehingga tentu dari segi bahan baku, dari segi keterampilan dari para pekerjanya itu berkumpul. Dengan demikian industri ini bisa terjaga kelangsungannya," tutupnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed