Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Mei 2018 15:25 WIB

Ada Kulkas Halal, Apa Keunggulannya?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sharp Keluarkan Kulkas Bersertifikat Halal (Tia Reisha/detikcom) Foto: Sharp Keluarkan Kulkas Bersertifikat Halal (Tia Reisha/detikcom)
Karawang - Salah satu produsen lemari es di Indonesia, PT Sharp Indonesia menghadirkan kulkas halal. Apa bedanya dengan kulkas lainnya?

Afka Adhitya, Asisten Manajer Strategi Produksi PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan pada dasarnya tidak ada perbedaan antara produk kulkasnya dengan yang lain. Ia hanya menekankan produk tersebut kini sudah terverifikasi dengan adanya sertifikasi halal ini.

"Tidak ada perbedaan. Hanya ada sertifikat halal, jadi kami bisa memberikan keamanan dan kenyamanan untuk konsumen," katanya di sela-sela media visit di Pabrik PT Sharp Electronics Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018).


Lebih lanjut, ia menjelaskan sertifikasi tersebut menandakan komponen maupun proses pembuatan kulkas telah teruji dan terbebas dari kemungkinan adanya kontaminasi unsur non-halal.

Dari sisi fitur, Afka juga memaparkan bahwa kulkas produksi lokal Sharp yang telah bersertifikat halal memiliki kesamaan dengan kulkas Sharp lainnya.

"Fiturnya pun sama, ada yang memiliki double freezer, ada juga yang dilengkapi pembatas freezer, dan lainnya. Kulkas yang telah bersertifikat halal ini adalah kulkas yang memang telah lama diproduksi dan dipasarkan, jadi tidak ada yang baru di sisi fiturnya," terangnya.

Adapun produk kulkas telah disertifikasi halal sejak 28 Maret 2018 lalu dan disambut baik oleh masyarakat.Produk ini bisa dibeli dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta sesuai dengan modelnya.

Bagaimana Kalau Daging Babi Masuk Kulkas Halal?

Menurut Afka menyimpan daging babi di dalam kulkas halal tidak akan mengubah kategori makanan tersebut menjadi halal. Sebab, yang disertifikasi halal hanya produk kulkasnya.

"Banyak yang bilang kalau menyimpan makanan non-halal di kulkas ini bisa jadi halal, tapi bukan begitu konsepnya. Adapun sertifikasi halal ini mengacu pada material hingga fasilitas produksi kulkas tersebut," katanya.


Afka menjelaskan kulkas tersebut disertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) berdasarkan bahan produksi sampai sistem manajemen produksinya.

Sementara itu, secara tipe ia memastikan tidak ada yang membedakan kulkas tersebut dengan yang lain, kecuali sertifikasi halal yang membuat masyarakat merasa nyaman dan aman.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com